alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jangan Ngopi Dulu! Ketahui Lima Jenis Kopi Hitam Ini

Diana Rafikasari
Jangan Ngopi Dulu! Ketahui Lima Jenis Kopi Hitam Ini
Sebelum mengonsumsi kopi hitam lebih jauh, Anda perlu mengetahui jenis-jenis kopi hitam yang ada. FOTO/indiatvnews.com

JAKARTA - Bagi sebagian orang, pagi adalah waktu terbaik untuk menikmati kopi hitam. Rasa kafein yang khas dan kuat mampu memberikan energi positif untuk menjalani hari dengan semangat. Pikiran menjadi terbuka sehingga banyak inspirasi yang dihasilkan.

Akan tetapi, sebelum mengonsumsi kopi hitam lebih jauh, tahukah Anda jenis-jenis kopi hitam? Apabila masih belum mengetahui, berikut beberapa jenis kopi hitam yang perlu Anda ketahui seperti dilansir Coffindo.

1. Espresso atau short black
Anda tentu familiar dengan jenis kopi hitam ini, yakni satu shot atau gelas kecil ukuran 30 mililiter kopi murni. Espresso yang bagus memiliki lapisan busa tipis yang disebut crema. Jika disajikan panas, biasanya espresso diseduh langsung dari coffee maker dengan beberapa penyulingan dari bubuk biji kopi dan air panas bersuhu khusus. Adapun untuk penyajian dingin yang kian populer beberapa waktu terakhir, espresso disajikan dengan campuran sedikit krim untuk mengentalkan tekstur kopi saat dingin.



2. Long black atau americano
Jenis kopi ini merupakan versi besar sajian espresso yang dibuat dengan cara menyeduhnya langsung dengan air panas guna menjaga kondisi crema agar tetap utuh.

3. Ristretto
Ini merupakan jenis kopi hitam paling kuat karena memiliki takaran ekstrak kopi lebih banyak daripada air panas yang dipakai untuk menyulingnya. Biasanya ristretto disajikan dalam gelas ukuran lebih kecil dari espresso, yakni 15 mililiter.

4. Doppio
Jenis kopi hitam ini merupakan versi ganda espresso, di mana disajikan dalam takaran dua shot, yakni sebanyak total 60 mililiter. Menariknya, doppio memiliki aroma kuat yang tidak seberapa besar dibandingkan espresso. Hal ini disebabkan karena doppio memiliki proporsi air yang cukup untuk mengencerkan kopi sehingga lebih mudah diterima oleh lambung, terutama bagi peminum kopi pemula.

5. Macchiato
Macchiato merupakan sajian satu atau dua shot espresso yang ditambah dengan busa susu di atasnya untuk kesan lebih cita rasa kafein yang lebih ringan.



(amm)

loading...