alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ratusan Warga Pemalang Ikut Pengobatan Gratis di Rail Clinic

Suryono Sukarno
Ratusan Warga Pemalang Ikut Pengobatan Gratis di Rail Clinic
Warga Pemalang memeriksakan diri di rail clinic di Stasiun Comal, Kamis (3/10/2019). FOTO/iNews/SURYONO SUKARNO

PEMALANG - Tak kurang dari 300 orang menggeruduk Stasiun Kereta Api Comal, Kabupaten Pemalang, Kamis (3/10/2019). Mereka memanfaatkan pengobatan gratis di Rail Clinic yang digelar oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI). Dalam kegiatan itu juga dilakukan pembagian kacamata gratis bagi siswa SD, SMP, dan warga umum.

Rail Clinic terdiri dari empat rangkaian gerbong kereta api. Masing-masing gerbong memiliki fungsi yang berbeda-beda. Gerbang pertama digunakan sebagai ruang farmasi dan bersalin, gerbong untuk poli gigi, gerbong tiga ruang pemeriksaan, gerbong keempat ruang penyuluhan dan baca.

Warga mengaku senang dengan adanya klinik di atas gerbong ini karena gratis dan baru pertama kali datang. "Saya memeriksakan kehamilan saya dan sekaligus dicek jenis kelamin anak saya. Kalau periksa di luar atau di rumah sakit, biayanya mahal, tapi ini gratis dan dekat rumah," kata Susiati, warga dekat Stasiun Comal.



Warga lain juga mengaku sangat senang karena bisa memeriksakan kesehatan mata dengan gratis dna mendapat kaca mata juga gratis. "Mata saya burem susah untuk melihat dan sering pusing. Alhamdulillah ada pemeriksaan mata gratis bahkan diberi kaca mata gratis. Saya dan warga lain sangat berterima kasih ada program dari PT KAI dengan Rail Clinic ini," kata Junaedi, warga Comal.

Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi santoso menyebutkan, Rail Clinic merupakan bentuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari PT KAI. "Ini bagian dari kepedulian PT KAI untuk masyarakat sekitar jalur rel kereta api. Prgogram ini melibatkan tim kesehatan yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat dan apoteker. Kegiatan ini bertujuan memberikan bantuan kesehatan gratis pada masyrakat yang sulit menjangkau fasilitas kesehatan," kata Kepala Daop IV Semarang Mohamad Nurul Huda Dwi santoso.

Menurutnya, PT KAI juga memberikan bantuan gerobak dan penyuluhan kesehatan serta sosialisasi aturan perkeretaapian. Pada 2019, pihaknya telah menggelar Rail Clinic di tiga lokasi, yakni di Stasiun Alas Tua Semarang, Stasiun Gubug, dan di Stasiun Comal, Pemalang.

Selain itu juga ada Rail Library atau kereta pustaka yang dirangkaikan pada rail clinic. Di dalamnya terdapat ratusan buku bacaaan dan fasilitas perpustakaan elektronik yang bisa dimanfaatkan, dibaca oleh pelajar juga warga.



(amm)

loading...