alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Uji Coba Rudal Terbaru Korut Membuat Prancis Sangat Khawatir

Esnoe Faqih Wardhana
Uji Coba Rudal Terbaru Korut Membuat Prancis Sangat Khawatir
Uji coba rudal balistik Korut. FOTO/Al Jazeera

PARIS - Prancis bereaksi dan merespon uji coba rudal balistik yang dilakukan Korea Utara (Korut). Kementerian Luar Negeri Prancis menyatakan, pihaknya "sangat mengkhawatirkan" uji coba rudal terbaru itu.

"Tindakan semacam itu tidak dapat berdampak serius pada negosiasi," ujar seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Prancis, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (2/10).

Korut menembakkan rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam di lepas pantai timur negara itu. Peluncuran dilakukan datu hari setelah Korut mengumumkan dimulainya kembali pembicaraan dengan Amerika Serikat untuk mengakhiri program nuklirnya.



Sementara Militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan, Korut kemungkinan telah menembakkan SLBM, yang menempuh jarak 450 Km dan mencapai ketinggian 910 km.

"Korea Selatan sedang meninjau peluncuran pada hari Rabu sebagai kemungkina uji coba SLBM," kata Gedung Biru, sebutan untuk istana presiden Korsel, sembari menyatakan keprihatinannya atas peluncuran tersebut seperti dikutip dari Japan Times.

 



(mif)