alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Korut Kembali Luncurkan Proyektil, Usai Umumkan Perundingan dengan AS

Berlianto
Korut Kembali Luncurkan Proyektil, Usai Umumkan Perundingan dengan AS
Korut kembali meluncurkan proyektil pada Rabu (2/10/2019) pagi. Foto/Istimewa

SOEUL - Penjaga pantai Jepang dan militer Korea Selatan (Korsel) mengatakan Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan proyektil pada Rabu (2/10/2019). Peluncuran ini dilakukan sehari setelah Korut mengumumkan akan mengadakan pembicaraan tingkat kerja dengan Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan.

Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) mengatakan Korut menembakkan proyektil tidak dikenal pada hari Rabu pagi dari sekitar Wonsan, di provinsi Kangwon tenggara, menuju laut ke timur.

Sementara penjaga pantai Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Korut telah meluncurkan apa yang tampak seperti rudal dan mendesak setiap kapal untuk memperhatikan informasi lebih lanjut dan tidak mendekati puing-puing rudal tersebut seperti dikutip dari Reuters.



Peluncuran proyektil itu adalah yang kesembilan kalinya dilakukan oleh Korut sejak Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong-un bertemu di Zona Demiliterisasi yang dijaga ketat antara kedua Korea pada Juni lalu.

Korut sebelumnya mengumumkan telah mencapai kata sepakat dengan AS untuk mengadakan pembicaraan tingkat kerja pada Sabtu mendatang. Perkembangan terakhir ini berpotensi memecah kebuntuan dialog kedua negara selama berbulan-bulan.

Pembicaraan yang bertujuan membongkar program nuklir dan rudal Korut telah terhenti sejak pertemuan puncak kedua antara Trump dan Kim Jong-un di Vietnam pada Februari lalu berakhir tanpa kesepakatan.

Presiden AS, Donald Trump, selama ini telah menganggap remeh serangkaian peluncuran rudal jarak pendek Korut yang dilakukan baru-baru ini. Pada bulan September lalu, Trump mengatakan AS dan Korut tidak memiliki perjanjian mengenai rudal jarak pendek dan banyak negara melakukan uji coba senjata semacam itu.



(mif)

loading...