alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelukan Hangat Megawati untuk Ketua DPR Baru

Kiswondari
Pelukan Hangat Megawati untuk Ketua DPR Baru
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memeluk putrinya, Puan Maharani usai dilantik menjadi Ketua DPR priode 2019-2024 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019) malam. Foto/SINDOnews/Kiswondari

JAKARTA - Ketua dan Wakil Ketua DPR periode 2019-2024 dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali dalam rapat paripurna DPR perdana di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019) malam.

Mereka yang diambil sumpah dan janjinya yakni, Ketua DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani bersama 4 Wakil Ketua DPR yakni, Azis Syamsuddin dari Fraksi Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, Rachmat Gobel dari Fraksi Nasdem dan Muhaimin Iskandar dari Fraksi PKB.

“Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya, bagi saudara yang diangkat sebagai Ketua, akan mememenuhi kewajiban saya sebagai Ketua DPR,” kata Hatta diikuti oleh Puan. “Bagi saudara yang diangkat Wakil Ketua, sebagai Wakil Ketua DPR,” ucap Hatta lagi diikuti 4 Wakil Ketua DPR.



“Bagi saudara seluruhnya, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan Perundang-undangan dengan berpedoman kepada Pancasila dan UUD Nasional Republik Indonesia Tahun 1945,” ujar Hatta melanjutkan.

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan NKRI,” tutupnya diikuti oleh 5 Pimpinan DPR.

Kemudian, kelima Pimpinan DPR itu dipersilakan untuk menandatangani sumpah dan janji sebagai Pimpinan DPR periode 2019-2024. Yang sangat nampak adalah senyum lebar Puan yang sedari masuk ke ruang paripurna DPR itu terus mengembang.

Disusul oleh seremoni penyerahan palu sidang dan memori DPR periode 2014-2019 dari Pimpinan DPR sementara yakni, Abdul Wahab Dalimunthe dan Hillary Briggita Lasut kepada Puan selaku Ketua DPR definitif. Riuh tangan menggema dari meja Anggota DPR yang hadir menyaksikan tatkala Puan mengangkat palunya.

Kemudian, Pimpinan DPR definitif pun naik ke podium Pimpinan dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri diundang naik ke podium Pimpinan DPR. Mega yang mengenakan baju kurung berwarna cokelat tua itu langsung memeluk putrinya, Puan Maharani. Impian yang baru saja terwujud setelah PDIP dua periode memimpin DPR.

Sontak, media dan juga Anggota DPR lainnya langsung mengambil gambar dan semuanya bertepuk tangan. Puan pun dipersilakan membacakan pidato perdananya sebagai Ketua DPR. Setelah selesai, seluruh Anggota DPR menyalami Puan beserta 4 Pimpinan lainnya di atas podium.



(nun)