Mempercantik Wisata Taman Laut Karimun Jawa dengan Biorock

Selasa, 01 Oktober 2019 - 17:45 WIB
Mempercantik Wisata Taman Laut Karimun Jawa dengan Biorock
Metode biorock dapat memacu pertumbuhan terumbu karang dua hingga enam kali lebih cepat dari pertumbuhan alaminya. FOTO/iNews.TV/Taufik Budi
A A A
JEPARA - Wisata taman laut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung di Pulau Karimunjawa Jepara Jawa Tengah. Untuk mengembangkannya dilakukan dengan metode biorock, yang dapat memacu pertumbuhan terumbu karang dapat dipercepat dua hingga enam kali dari pertumbuhan alaminya.

Metode yang ditemukan oleh Prof. Wolf Hilbertz dan Dr Thomas J Goreau ini menggunakan tegangan listrik berdaya rendah yang dialirkan melalui struktur-struktur di bawah laut dari bahan logam. Selain mempercepat masa tumbuh terumbu karang, salah satu keunggulan dari metode biorock adalah daya tahannya terhadap tekanan lingkungan.

Program konservasi terumbu karang dengan metode biorock ini terdapat di area Tanjung Gelam bagian luar. Lokasi tersebut memiliki ancaman kerusakan ekosistem yang cukup besar, baik disebabkan oleh faktor alam maupun manusia. Program pelestarian terumbu karang yang digagas Corporate Social Responsibility (CSR), PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV ini dimulai sejak 2016 dan berjalan hingga saat ini.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, mengatakan, pengembangan wisata taman laut terumbu karang dengan metode biorock di kepulauan Karimunjawa seluas 180 meter persegi. Selama tiga tahun berjalan, taman bawah laut ini, sudah terlihat dapat menyediakan ekosistem baru yang dapat menjaga keseimbangan serta meningkatkan keanekaragaman hayati.

“Selama tiga tahun tersebut, pertumbuhan terumbu karang meningkat cukup cepat dengan persentase kelangsungan perkembangan hingga 90%, bahkan ada terumbu karang yang tumbuh hingga mencapai dua meter. Selain itu, kami melihat pertumbuhan biota laut di lokasi biorock Pertamina pun telah bertambah,”ujar Andar, Selasa (1/10/2019).

Dia menegaskan, program CSR Pertamina turut membantu pengembangan dan peningkatan pariwisata di Karimunjawa. Selain membantu pengembangan taman laut, tahun lalu Pertamina juga memperingati kegiatan world clean up day di Pantai Nyampung Ragas.

“Pertamina juga telah menyediakan program BBM satu harga di Kepulaua Karimun Jawa yang saat ini telah beroperasi dan diharapkan mampu menopang kebutuhan energi di sana,”ungkap Andar.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8742 seconds (0.1#10.140)