Bekraf Festival 2019 di Solo Usung Tema Kita Kaya Karya

Selasa, 01 Oktober 2019 - 15:34 WIB
Bekraf Festival 2019 di Solo Usung Tema Kita Kaya Karya
Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik dan Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo saat jumpa pers di Balaikota Solo, selasa (1/10/2019). Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Bekraf Festival 2019 hadir di Solo mengusung tema Kita Kaya Karya. Bekraf Festival merupakan bentuk laporan kinerja atau public report dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kepada masyarakat yang akan berlangsung pada 4 – 6 Oktober 2019 di Benteng Vestenburg, Solo.

Acara ini melibatkan seluruh kedeputian yang ada di Bekraf dengan menampilkan hasil dari berbagai program dan aktivitas yang telah dilaksanakan oleh Bekraf. “Masyarakat diharapkan dapat memahami bagaimana program-program unggulan dari enam kedeputian Bekraf yang banyak dan beragam, ini merupakan jalinan yang saling terkait satu sama lain dalam prosesnya membentuk ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia,” ujar Wakil Kepala Bekraf Ricky Pesik saat jumpa pers di Balaikota Solo, selasa (1/10/2019)

Bicara tentang tema Bekraf Festival tahun ini, kata Kita merujuk pada program Bekraf yang memaksimalkan potensi kreatif masyarakat Indonesia serta mendukung lahirnya identitas kreativitas Indonesia yang khas. Kaya terinspirasi dari program Bekraf yang mengembangkan potensi ekonomi dari karya-karya kreatif Indonesia, sebagai upaya untuk memajukan ekonomi kreatif agar dapat menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Sedangkan Karya mengacu pada mengangkat program serta kegiatan Bekraf yang mengembangkan potensi insan kreatif Indonesia dan mendukung lahirnya karya-karya terbaik bangsa. Awal terpilihnya Solo sebagai lokasi pelaksanaan merupakan tindak lanjut dari permintaan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang mengajukan surat ke Kepala Bekraf Triawan Munaf untuk menjadi lokasi pelaksanaan Bekfest 2019. Selain itu, Solo pernah menjadi ikon lahirnya jaringan kota-kota kreatif nasional.

Bekraf Festival kali pertama hadir di Bandung pada 2017 dan tahun kedua di Surabaya pada 2018. Tanggapan masyarakat sangat positif yang terlihat dari banyaknya pengunjung yang hadir, yakni hampir 45.000 orang selama tiga hari pelaksanaan Bekraf Festival di Surabaya. Bahkan, acara gelar wicara, lokakarya maupun seminar yang dilaksanakan selalu ramai peserta. Konsep utama kegiatan ini yaitu sebagai ajang public report: penyampaian, penyajian, pelaporan mengenai ragam kinerja Bekraf kepada masyarakat pada umumnya.

Nantinya, akan ditampilkan musisi ternama seperti Didi Kempot, Maliq & d’essentials, Nidji, Sruti Respati, Jason Ranti, Kikan, Lalahuta, Pecas Ndahe dan lain-lain. Bekraf Festival akan menampilkan total 40 program unggulan pada enam kedeputian Bekraf yang disajikan secara informatif baik secara deskriptif dan audiovisual.

Akan ditampilkan juga beberapa konten Bekraf Festival yang lain seperti pasar kreatif, pameran, pengembangan SDM (capacity building), peragaan busana, sesi berbagi, seni pertunjukan, hiburan musik, dan pemutaran film. Masyarakat yang ingin hadir dapat melakukan registrasi dengan mengakses https://www.loket.com/event dan mengetik Bekraf Festival. Acara ini tidak dipungut biaya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9123 seconds (0.1#10.140)