Berdayakan Warga Jaga Keamanan Lingkungan, Sleman Gelar Lomba Kamling

Selasa, 01 Oktober 2019 - 14:40 WIB
Berdayakan Warga Jaga Keamanan Lingkungan, Sleman Gelar Lomba Kamling
Peserta saat mengikuti lomba Kamling 2019 Sleman di Triharjo, Sleman, Senin (30/9/2019) malam. FOTO/IST
A A A
SLEMAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggelar lomba Keamanan Lingkungan (Kamling) 2019 yang diikuiti 17 tim wakil dari masing-masing kecamatan. Lomba yang digelar sepanjang September 2019 itu bertujuan untuk mengevaluasi pembinaan adminitrasi dan kemampuan serta pemberdayaan masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Penilaian lomba telah mulai dilakukan sejak 2 September di Kecamatan Tempel dan berakhir pada 30 September di Kecamatan Sleman. Ketua Tim Verifikasi Lomba Kamling 2019, Sri Madu Rakyanto berharap dengan adanya lomba ini, minimal diketahui standar pelaksanaan kamling sekaligus membemberdayakan masyarakat dalam menjaga ketentraman dan ketertiban di lingkungan masing-masing.

"Kami juga berharap dari 17 tempat yang dievaluasi dapat memberikan pembelajaran atau edukasi, minimal soal standar keamanan lingkungan," kata Kasi Pps Trantib Satpol PP Sleman, Selasa (1/10/2019).

Sri Madu menjelaskan, kegiatan kamling sangat efektif sebab melibatkan warga masyarakat dalam menjaga keamaan lingkungan. Dalam pelaksanaannya juga tetap mengutamakan budaya dan kearifan lokal, sehingga nilai-nilai budaya setempat terjaga.

"Tidak seperti ketika menyewa atau membayar jasa keamanan yang hanya menjaga keamanan, tapi melalui kegiatan kamling, kearifal lokal, nilai budaya setempat dapat diterapkan untuk memecahkan masalah dan menjaga keamanan lingkungan bersama," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7239 seconds (0.1#10.140)