alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Aksi Gejayan Memanggil #2 Berjalan Lancar, Masa Bubar dengan Tertib

Priyo Setyawan
Aksi Gejayan Memanggil #2 Berjalan Lancar, Masa Bubar dengan Tertib
Massa membubarkan diri dengan tertib usai mengikuti aksi Gejayan Memanggil #2 di petigaan Colombo Gejayan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Senin (30/9/2019). FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Ribuan massa yang menggelar aksi Gejayan Memanggil #2 di enam titik di sepanjang jalan Afanndi (Gejayan) dengan titik pusat di pertigaan Colombo, Gejayan, Caturtunggal, Depok, Sleman membubarkan diri dengan tertib. Aksi sendiri berlangsung mulai pukul 13.00 WIB dan pada pukul 16.00 WIB aksi mulai membubarkan diri.

Selama aksi berlangsug aman dan lancar. Massa yang kebanyakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan beberapa elemen masyarakat serta pelajar di Yogyakarta tersebut, bergantian menyampaikan orasi da tuntutan.

Di sela-sela itu, ada peserta yang membacakan puisi dan juga bernyanyi lagu-lagu nasional, termasuk lagi Gebyat-Gebyar dan beberapa lagu kritik sosial Iwan Fals. Peserta aksi juga membentangkan beberapa poster.



Aksi Gejayan Memanggil #2 sesuai dengan perizinan ke kepolisian berlangsung selama empat jam, yakni dari pukul 13.00 WIB-17.00 WIB.

Wakapolda DIY Brigjen Pol Karyoto menyatakan terima kasih kepada massa aksi Gejayan Memanggil #2 yang menggelar aksi dengan tertib. Kepolisian sendiri dalam mengamankan lebih mengendepankan pendekatan humanis dan memberikan ruang aksi kepada mereka, namun tetap memperhatikan kepentingan masyarakat.

“Pengamanan ini mengacu pada arahan pimpinan, yaitu humanis dan tidak merusak,” kata Karyoto yang memimpin langsung pengaman aksi Gejayan Memanggil #2.

Menurut Karyoto selain dengan pendekatan humanis, aksi Gejayan Memanggil #2 dapat berjalan tertib dan lancar juga tidak terlepas dari massa yang melakukan aksi itu sendiri, yaitu kaum inteletual muda (mahasiswa dan pelajar).

Dari pantauan peserta aksi membubarkan diri dengan tertib. Termasuk bersalaman dengan petugas yang ditemui di jalan. Bukan itu saja ada juga yang mengajak berfoto dengan petugas kepolisian.



(nun)