Polres Salatiga Jamin Keamanan Mahasiswa Papua di Wilayahnya

Senin, 30 September 2019 - 14:06 WIB
Polres Salatiga Jamin Keamanan Mahasiswa Papua di Wilayahnya
Polres Salatiga menjamin keamanan mahasiswa Papua dan etnis lainnya yang berada di wilayahnya. FOTO/IST
A A A
SALATIGA - Polres Salatiga memberikan kepastian jaminan keamanan kepada mahasiswa dari Papua dan semua etnis yang ada di Salatiga. Semua mahasiswa dari berbagai daerah diimbau untuk tetap belajar dengan baik karena suasana kondusif dan keamanan di Salatiga terjaga dengan baik.

"Kami memberikan kepastian jaminan keamanan bagi adik-adik mahasiswa Papua dan semua elemen di Salatiga. Dan di Salatiga tidak ada yang perlu dikawatirkan," kata Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, Senin (30/9/2019).

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Salatiga Dance Ishak Palit menyatakan, peristiwa yang terjadi di Papua bisa menjadi pembelajaran semua etnis dan warga Salatiga. Ada hal yang perlu ditekankan di Salatiga bahwa semua etnis adalah Indonesia.

"Kita ini Indonesia. Dan ini menjadi pengalaman ber-Indonesia di sini. Kasus Papua bisa menjadi kita belajar lagi mengenai pemahaman perbedaan dan keberagaman," katanya.

Menurut dia, DPRD bersama Pemkot Salatiga akan menggelar ngobrol bareng dengan semua etnis dan pihak perguruan tinggi yang ada di Salatiga untuk menguatkan pemahaman keberagaman. "Secepatnya kita akan undang mereka untuk nongkrong bareng, belajar bersama menguatkan persatuan serta memahami keberagamanan yang ada," katanya.

Sebelumnya, Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Salatiga meminta pihak Polres Salatiga untuk menjamin keamanan aktivitas berserikat mahasiswa, khususnya mahasiswa Papua di Salatiga. Selain itu, GMKI juga meminta pemerintah untuk merespons rentetan pelanggaran HAM di Papua dengan tepat agar kejadian seperti di Wamena dan Jayapura tidak terulang lagi serta tidak terjadi di daerah lain.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8881 seconds (0.1#10.140)