Jelang HUT Kodam IV, Pangdam Ziarah ke Makam Pangeran Diponegoro

Minggu, 29 September 2019 - 16:37 WIB
Jelang HUT Kodam IV, Pangdam Ziarah ke Makam Pangeran Diponegoro
Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi beserta rombongan berziarah ke makam pahlawan nasional Pangeran Diponegoro? di Makassar, Sulawesi Selatan. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi beserta rombongan berziarah ke makam pahlawan nasional Pangeran Diponegoroā€ˇ di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/9/2019).

TNI Mochamad Effendi menuturkan ziarah ke makam Pangeran Diponegoro ini dalam rangka memperingati HUT ke-69 Kodam IV/Diponegoro. "Tujuan dari ziarah ini untuk mengenang jasa-jasa beliau dan agar kita semua dapat meneladani prinsip beliau dalam berbangsa dan bernegara. Dan sesuai dengan namanya, prajurit Kodam IV/Diponegoro dapat berperilaku seperti beliau," kata Mayjen Effendi dalam siaran persnya, Minggu (29/9/2019).

Pangdam menerangkan ziarah merupakan tradisi dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kodam IV/Diponegoro yang bersamaan dengan HUT TNI pada 5 Oktober. Selain ziarah, sebelumnya juga sudah dilakukan beberapa kegiatan di antaranya karya bhakti, donor darah, bedah rumah, pengobatan gratis dan puncaknya nanti akan dilaksanakan upacara, imbuhnya.

Terkait sejarah Kodam IV/Diponegoro dengan Pangeran Diponegoro, Pangdam menjelaskan, Pangeran Diponegoro itu merupakan salah satu putra Keraton Yogyakarta yang tidak mengenal menyerah dan tidak mau dijajah.

"Beliau punya prinsip bahwa akan selalu menjaga harga diri bangsa sehingga beliau rela diasingkan ke Makassar hingga akhir hayatnya," ungkapnya.

Selain berziarah ke makam Pangeran Diponegoro, Pangdam IV/Diponegoro beserta rombongan juga menyempatkan diri bertemu dan memberikan santunan kepada ahli waris Pangeran Dipnegoro yang hingga kini menetap di Makassar.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9638 seconds (0.1#10.140)