alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Delapan Manfaat Beras untuk Kecantikan Wanita

Tedy Ahmad
Delapan Manfaat Beras untuk Kecantikan Wanita
memiliki sifat anti-penuaan yang sangat baik ketika diaplikasikan pada kulit. FOTO/PERTANIAN.GO.ID

NEW DELHI - Beras ternyata tidak hanya dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Ahli kecantikan selebritis, Bharti Taneja dari India menyatakan bahwa beras memiliki sifat anti-penuaan yang sangat baik ketika diaplikasikan pada kulit.

"Beras merevitalisasi dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Muncul sarat dengan antioksidan yang melawan radikal bebas dan memberi Anda kulit yang tampak lebih muda. Ini juga membantu mencerahkan kulit," kata Bharti seperti dilansir Times of India.

Anda bisa menggunakan air beras atau tajin yang pada awalnya merupakan resep kuno yang dipopulerkan oleh orang Jepang, Cina, dan Korea untuk digunakan pada kecantikan kulit.



Dr Nivvedita Mahandru, ahli terapi kecantikan dan naturopathic mencatat bahwa penemuan beras sebagai bahan untuk perawatan kecantikan dimulai baru-baru ini dengan popularitas rejimen perawatan kulit Korea Selatan.

Nivvedita menyarankan untuk menyiapkan krim beras, serum, toner, scrub untuk penggunaan sehari-hari yang dapat didinginkan selama 10-15 hari. Pilihannya adalah toner air-beras untuk perawatan rutin malam hari yang dapat memberi Anda kulit yang bebas noda dan mengkilap.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan bioaktif penting dalam air beras yang dihasilkan dari beras yang direbus atau direndam, bermanfaat dalam anti-penuaan," jelasnya.

Untuk membuat air beras, Taneja menyarankan untuk merendam beras selama 30 menit atau merebus nasi dan saring airnya. Simpan dalam botol semprot dan dinginkan. Semprotkan untuk menyegarkan dan merevitalisasi kulit atau digunakan sebagai kondisioner rambut. Gunakan sebagai pembilas terakhir, diamkan selama 10 menit lalu cuci dengan air.

Untuk masker wajah, dapatkan bubuk beras yang juga berfungsi sebagai exfoliator lembut. Campurkan 1 sdt besan, bubuk beras, sejumput kunyit dan beberapa tetes susu (untuk selengkapnya, lihat boks). Oleskan di wajah dan biarkan kering. Gosok dan cuci bersih dengan lembut. Taneja menambahkan bahwa sementara sebagian besar merek menawarkan kertas beras, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan air beras dan bubuk.

"Karena itu aman untuk semua jenis kulit dan rambut tetapi lebih disukai menggunakan beras organik dan dalam konsentrasi encer," ujar dia.

Cara menggunakannya:
1. Gunakan air beras segar yang diencerkan sebagai bilas rambut. Juga, air beras fermentasi dapat membantu menghilangkan ketombe. Buat masker rambut dengan air beras dan alpukat.
2. Air beras encer adalah semprotan penyegar dan pelindung matahari yang sangat baik.
3. Rendam jaringan wajah dalam air beras encer. Gunakan sebagai masker selama 10 menit.
4. Untuk mengobati garis-garis halus, tambahkan minyak kelapa, almond atau vitamin E ke bubuk beras.
5. Rendam beras yang sudah dicuci selama 1 jam dalam susu mentah dengan krim. Tambahkan madu dan besan untuk scrub yang cerah.
6. Ambil krim susu dan nasi dengan air, gel lidah buaya, minyak esensial mawar, campur dan oleskan setiap hari sebagai krim malam. Masak nasi dengan air ekstra. Blender untuk membuat krim anti penuaan.
7. Bekukan air beras encer dalam baki es dan gunakan kubus untuk menenangkan gigitan nyamuk, kemerahan dan eksim.
8. Rendam dalam bak berisi air beras untuk menghilangkan cokelat.

Catatan: Dasar menggunakan air beras di rumah untuk kulit atau rambut adalah untuk melarutkan konsentrasinya.



(amm)

loading...