alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Terkikis Abrasi, Garis Pantai Sendangsikucing Berkurang 100 Meter

Eddie Prayitno
Terkikis Abrasi, Garis Pantai Sendangsikucing Berkurang 100 Meter
Terkikis Abrasi, Garis Pantai Sendangsikucing Berkurang 100 Meter. Foto/iNews/Eddie Prayitno

KENDAL - Garis pantai Sendangsikucing di kecamatan Rowosari, Kendal berkurang hingga 100 meter akibat terkikis abrasi. Bahkan hempasan gelombang laut ini sudah merusak sejumlah tanaman peneduh dan nyaris merobohkan panggung di kawasan obyek wisata Sendangsikucing. Untuk mencegah semakin parah, sejumlah siswa menumpuk karung berisi pasir di bibir pantai.

Akibat kikisan gelombang air laut beberapa pekan terakhir, panggung yang sebelumnya berjarak 150 meter dari pantai kini nyaris roboh terkena abrasi. Tidak hanya itu, sejumlah tanaman peneduh berupa cemara juga tumbang terkikis gelombang.

Garis pantai sendangsikucing sudah berkurang 100 meter akibat abrasi yang terjadi hampir lima tahun terakhir. Gazebo yang ada di sepanjang pantai setidaknya sudah dua kali dipindah. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini makin parah mengancam kios-kios di kawasan obyek wisata ini.



Untuk mengurangi hempasan gelombang ini, ratusan siswa melakukan aksi menyelamatkan pantai, dengan membuat tumpukan karung yang di dalamnya diisi pasir agar tidak bertambah parah.

Pengelola obyek wisata pantai Sendangsikucing, Ahmad Fahrozi mengatakan, saat ini abrasi di pantai Sendangsikucing sangat memprihatinkan. "Pihaknya berharap ada perhatian atas penyusutan pantai ini semakin tahun abrasi mempersempit luasan pantai," terang Ahmad Fahrozi.



(mif)

loading...