alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Papua Masih Rusuh, Puluhan Orang Bakar Ruko dan Pemukiman

Chanry Andrew Suripatty
Papua Masih Rusuh, Puluhan Orang Bakar Ruko dan Pemukiman
Puluhan orang tidak dikenal membakar permukiman dan ruko di Jalan Kapiding Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (26/9/2019). Akibatnya sekitar 60 unit ruko dan 20 unit motor terbakar. FOTO/IST

OKSIBIL - Situasi di Papua masih belum kondusif. Puluhan orang tidak dikenal membakar permukiman dan ruko di Jalan Kapiding Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (26/9/2019). Akibatnya sekitar 60 unit ruko dan 20 unit motor terbakar.

Berdasarkan sumber MNC Media di lapangan menyebutkan, pembakaran diduga dilakukan sekitar 30 orang yang tak puas rekannya ditangkap oleh anggota Polres Pegunungan Bintang pada saat patroli. (Baca juga : Sadis, 4 Orang Sekeluarga Dibakar saat Kerusuhan Wamena)

Sebelumnya sekitar pukul 15.45 WIT bertempat di Jalan Kapiding telah diamankan 1 orang (identitas masih dalam lid) karena mabuk oleh anggota Polres Pegunungan Bintang pada saat patroli.



Setelah diamankan oleh anggota Polres Pegunungan Bintang, teman-temannya meminta untuk dilepaskan jangan dibawa ke Mapolres Pegunungan Bintang. Namun karena dirasa sudah meresahkan masyarakat sehingga anggota Polres Pegunungan Bintang tetap membawa ke Mapolres untuk diamankan.

Kemudian sekitar pukul 16.00 WIT karena merasa tidak terima maka teman-temanya langsung melakukan pengerusakan dengan cara melempar, merusak motor dan kios di Jalan Kapiding sampai di Pertigaan Gang Papua. Merasa belum puas masa bergerak menuju ke Jalan Okpol dan Jalan Balusu melakukan pembakaran terhadap kios di sepanjang jalan
tersebut.

Sekitar pukul 16.30 WIT aksi dibubarkan oleh aparat TNI-Polri. Saat ini kondisi Oksibil sementara bisa dikendalikan aparat. Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Kemal ketika dikonfirmasi tidak menjawab, begitu juga Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto ketika dihubungi lewat ponselnya tidak menjawab.



(nun)

loading...