alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Geopark Gunung Sewu Kembali Diakui Unesco

Suharjono
Geopark Gunung Sewu Kembali Diakui Unesco
Geosite Gunung Api Purba Nglanggeran salah satu kawasan Geopark Gunungsewu yang kembali masuk Unesco Global Geopark. FOTO/IST

GUNUNGKIDUL - Setelah melalui proses revalidasi, akhirnya Geopark Gunung Sewu kembali diakui Unesco dan kembali masuk dalam Unesco Global Geopark. Bentang alam karst yang ada di Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan ini mendapatkan green card dan menjadi bagian jaringan geopark dunia.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, saat ini memang belum diumumkan secara resmi perihal grenn card tersebut namun demikian sudah disampaikan sehingga pihaknya bersama manajemen Gunung Sewu Global Geopark layak berbangga diri.

"Setelah upaya kita untuk mempertahankan kelestarian bentang alam karst serta nilai tambah diakui dunia kembali, maka kita memiliki pekerjaan besar terus mempertahankan," terangnya kepada SINDOnews, Kamis (26/9/2019).



Dijelaskannya, dalam pemberian green card tersebut nyaris tidak ada catatan negatif. Namun dua asesor yang datang langsung di bulan Juli lalu menyampaikan beberapa rekomendasi. Di antaranya perkuatan dengan jaringan baik geopark nasional maupun geopark internasional, kemudian penguatan logo geopark di setiap media publikasi dan promosi, ciri khas souvenir tentang geopark.

"Selain itu juga rekomendasi untuk memperkuat di media sosial serta memperkuat jaringan dengan sekolah di sekitar geopark baik di nasional maupun internasional juga atau istilahnya geoschool," katanya.

Diapun berterima aksih kepada semua pihak yang berusaha keras sehingga bisa mempertahankan predikat sebagai bagian dari Unesco. Karena untuk bisa masuk dan bertahan dalam jarusan Unesco Global Geopark tidak mudah."Banyak hal selain kelestarian juga bagaimana edukasi serta nilai tambah bagi masyarakat sekitar," bebernya.

Sementara, General Manager Gunung Sewu Global Geopark, Budi Martono mengatakan Geopark Gunung Sewu sudah diakui menjadi bagian dari jaringan global geopark oleh Unesco sejak 2015 lalu. Sesuai aturan setiap empat tahun dilakukan validasi ulang.

"Validasi ini menentukan apakah Geopark Gunung Sewu mendapatkan green card atau justru kartu merah, dan kita sudah mendapatkan informasi kalau kita green card" ulasnya.



(nun)

loading...