Hujan Deras, Pencarian Kakek Korban Longsor Wonosobo Dihentikan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:45 WIB
Hujan Deras, Pencarian Kakek Korban Longsor Wonosobo Dihentikan
Pencarian korban longsor di Dusun Windusari RT 1/4, Desa Tlogojati, Wonosobo dihentikan menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut. FOTO/IST
A A A
WONOSOBO - Pencarian korban longsor di Wonosobo dihentikan menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut. Dikhawatirkan terjadi longsor susulan sehingga mengancam ratusan petugas gabungan yang tengah melakukan pencarian korban.

"Pukul 14.10 WIB tadi semua anggota ditarik mundur. Berhubung terjadi hujan deras sehingga ditakutkan ada longsor susulan," kata seorang relawan penanggulangan bencana (RPB) Madiasto, Senin (21/1/2019).

Dia mengatakan, satu orang korban bernama Mardiyo (60) yang tertimbun longsor hingga kini belum ditemukan. Warga Windusari RT 1/4 Desa Tlogojati itu diduga tertimbun longsor saat tengah mandi tempat pemandian umum di belakang rumahnya pada Sabtu (19/1/2019).

"Berdasarkan keterangan warga pada pukul 10.00 WIB, korban yang diduga tertimbun tanah longsor habis dari makam bersama dua orang rekannya. Pada pukul 10.30 WIB tiga orang itu mandi di kali yang berlokasi di sebelah permukiman penduduk dengan tebing curam," katanya. (Baca Juga: Kakek Korban Longsor di Wonosobo Diduga Tertimbun Batu Besar
Kemudian, pada pukul 11.00 WIB dua warga tersebut pulang terlebih dahulu dan meninggalkan korban. Sekitar pukul 11.00 WIB mendadak terjadi tanah longsor dari tebing setinggi kurang-lebih 20 meter yang disertai batu-batu besar berjatuhan.

"Sampai saat ini sudah dilakukan pencarian dari berbagai informasi juga belum pulang ke rumah. Hingga siang ini juga masih nihil, korban belum berhasil ditemukan. Kendala utama adalah batu besar. Alat berat juga sudah dikerahkan," katanya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Wonosobo Kompol Sutomo mengatakan, terdapat ratusan orang yang dikerahkan untuk mencari korban. Mereka menggunakan peralatan seadanya untuk menggali dan membongkar bebatuan yang jatuh dari tebing.

"Hasil dari koordinasi (berbagai instansi) pencarian dilanjutkan besok. Mulai besok sampai empat hari ke depan, personel TNI dan Polri setiap harinya akan dikerahkan masing-masing 15 anggota," katanya. (Baca Juga: Asyik Mandi, Kakek 60 Tahun Tertimbun Longsor(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8890 seconds (0.1#10.140)