Deteksi Kompetensi Perwira Polisi hingga Pejabat Daerah Bisa Lewat Sini

Kamis, 26 September 2019 - 19:35 WIB
Deteksi Kompetensi Perwira Polisi hingga Pejabat Daerah Bisa Lewat Sini
Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel dan Karo Biro SDM Polda Jateng, Kombes Pol Agoes Soejadi S saat peresmian Assessment Center Biro SDM Polda Jateng, Kamis (26/9/2019). FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah kini telah memiliki Assessment Center Biro Sumber Daya Manusia (SDM). Peresmian Assessment Center Biro SDM dilakukan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel di Mapolda Jateng, Semarang, Kamis (26/9/2019).

Perlu diketahui, Assessment Center ini merupakan metode untuk menilai potensi seseorang dalam menangani pekerjaan yang akan datang maupun saat ini.Metode tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mengurangi penyimpangan dari suatu proses penilaian. Dalam penilaian tersebut, setiap peserta diberi kesempatan yang sama untuk menunjukkan kemampuannya dalam menghadapi situasi–situasi yang sudah distandarisasikan.

Kapolda menerangkan bahwa penggunaan Assessment Center ini merupakan amanah daripada program Kapolri untuk digunakan dalam mendapatkan SDM-SDM yang unggul dalam menempati ruang-ruang jabatan yang ada di Polda Jateng.

“Assesment Center ini memiliki multi tools. Yang pertama digunakan untuk psikometri yakni melakukan uji kemampuan matematis, kemudian uji kemampuan imajinatif dan uji kemampuan kompetensi,” terang Rycko.

“Sehingga apabila nanti untuk menduduki suatu jabatan ya harus masuk sini dulu. Misalnya dia akan menduduki jabatan kasat reskrim, kasat lantas atau kasat inteljen dia harus mengikuti psikometrik akan dilihat kompetensinya, apakah seorang anggota ini, perwira ini memiliki kompetensi atau tidak untuk masuk menjadi pejabat di bidangnya,” ujarnya.

Dia menambahkan, Assessment Center juga untuk mendapatkan kompetensi yang tepat bagi ruang jabatan, kemudian digunakan untuk pendidikan pengembangan, dan untuk kenaikan pangkat.

“Assesment center ini juga bisa digunakan untuk keperluan eksternal, untuk pemerintah daerah provinsi, kabupaten/kota untuk membantu para pimpinan daerah seperti bupati/walikota untuk memetakan kompetensi ruang jabatan di masing-masing, karena assessment center ada modulnya,” jelas mantan Gubernur Akpol ini.

Kapolda mencontohkan, untuk menjadi asisten, kepala dinas bisa dilakukan melalui Assessment Center Biro SDM Polda Jateng. “Sehingga pimpinan kepala daerah bisa mendapatkan orang-orang yang tepat sesuai kemampuan. Hal ini juga bisa dilakukan di perusahaan swasta maupun BUMN,” ucapnya.

Saat ini, Polda Jateng memiliki 57 Assessor yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan Assessor terlebih dahulu sebelum dinyatakan siap menjadi Assessor. Adapaun fasilitas yang dimiliki Assessment Center Biro SDM Polda Jateng meliputi Ruang CAT dengan 26 komputer, empat ruang diskusi dan ruang wawancara serta satu ruang integrasi hasil.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8541 seconds (0.1#10.140)