alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ajakan Demo Pelajar di Solo Hoaks, Tak Ada Mobilisasi Massa

Taufik Budi
Ajakan Demo Pelajar di Solo Hoaks, Tak Ada Mobilisasi Massa
Maraknya seruan pelajar Solo Jawa Tengah untuk turun ke jalan yang beredar di media sosial dipastikan adalah hoaks. FOTO/ILUSTRASI/SINDOphoto/Isra Triansyah

SEMARANG - Maraknya seruan pelajar Solo Jawa Tengah untuk turun ke jalan yang beredar di media sosial dipastikan adalah hoaks. Masyarakat juga diminta tak resah karena semua pelajar tetap berada di sekolah untuk mengikuti proses pendidikan.

"Untuk Jawa Tengah adem-ayem, tidak ada masalah. Semua murid berada di sekolah masing-masing," kata Kepala Dinas Pendidikan Jateng Jumeri, Kamis (26/9/2019).

Dia pun menegaskan ajakan unjuk rasa yang melibatkan anak-anak sekolah hanya kabar bohong. Meski demikian, pihaknya melakukan langkah antisipasi dengan mengumpulkan sejumlah kepala sekolah di Solo.



"Ini saya bareng sama kepala sekolah-kepala sekolah di Solo, lagi mengumpulkan kepala sekolah. Dan anak-anak juga diberi pemahaman agar tak ikut-ikutan turun ke jalan," katanya.

"Mereka sampai sore di sekolah. Kita pelajaran biasa, kita kendalikan. Dipastikan di Jawa Tengah aman tidak ada mobilisasi pelajar untuk demo," katanya.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel juga mengakui ada ajakan untuk menggelar unjuk rasa yang disebar melalui media sosial. Namun, unjuk rasa mesti mematuhi aturan berlaku serta tidak melibatkan anak-anak di bawah umur.

"Saya juga mendapatkan meme supaya mengajak adik-adik pelajar untuk unjuk rasa. Enggak perlu ada pelajar, tidak perlu (unjuk rasa). Biar mereka fokus belajar, biar mahasiswanya saja yang lebih dewasa, yang lebih bisa mengendalikan emosi dan lebih memahami tentang substansi atau esensi dari persoalan yang dihadapi," katanya.



(amm)

loading...