alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ratusan Personel Sisir Dua Jalur, Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Sumbing,

Angga Rosa
Ratusan Personel Sisir Dua Jalur, Padamkan Kebakaran Hutan Gunung Sumbing,
Sejumlah personel tim gabungan saat memadamkan dan mendinginkan bara api yang membakar hutan Gunung Sumbing di wilayah Kabupaten Temanggung. Foto/IST

TEMANGGUNG - Ratusan personel tim gabungan tadi pagi diterjunkan untuk memadamkan dan mendinginkan bara api yang membakar hutan Gunung Sumbing di wilayah Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung.

Hingga kemarin petang terpantau masih ada dua titik api yang berada di petak 23-3 dan petak 27-4 RPH Kemloko, BKPH Temanggung, KPH Kedu Utara. Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, sesuai rencana, ratusan personel tim gabungan diberangkatkan ke lokasi kebakaran dini hari tadi sekira pukul 03.30 WIB.

Mereka bertugas melakukan pendinginan dan pemadaman ke titik api melalui dua jalur. “Tim yang melalui jalur Banaran bertugas melakukan pemadaman titik api. Tim yang melalui jalur Walitis bertugas melakukan pembuatan sekat bakar dan pemadaman langsung di titik api,” kata Gito.



Gito menjelaskan, luas baku petak 23-3 yakni 27,8 hektare. Berdasarkan data hingga Rabu (25/9/2019) pukul 16.30 WIB, luas hutan yang terbakar di petak tersebut mencapai dua hektare.

Sedangkan luas baku petak 27-4 yakni 40,9 hektare. Dan luas hutan yang terbakar 2 hektare. “Tim gabungan terus berupaya untuk melakukan pemadaman meski harus melewati medan terjal dan panasnya bara api. Semoga kebakaran bisa segera dipadamkan,” ujarnya.



(mif)

loading...