alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sembilan Rumah di Kendal Hangus Terbakar, Kerugian Rp1 Miliar

Edi Prayitno
Sembilan Rumah di Kendal Hangus Terbakar, Kerugian Rp1 Miliar
Sembilan rumah di Dusun Laban RT 2/RW 2 Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah terbakar, Rabu (25/9/2019) siang. FOTO/iNews/EDI PRAYITNO

KENDAL - Sembilan rumah di Dusun Laban RT 2/RW 2 Desa Johorejo, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah terbakar, Rabu (25/9/2019) siang. Api diduga berawal dari hubungan arus pendek di salah satu rumah warga. Tidak ada korban dalam kebakaran tersebut, namun kerugikan diperkirakan mencapai Rp5 miliar.

Berdasarkan informasi di lapangan, api pertama kali muncul di rumah warga bernama Nganti. Api cepat membesar lantaran material rumah terbuat dari kayu dan tertiup angin kencang. Kebakaran lalu merembet ke rumah-rumah lain yang berada kanan-kiri. Warga pun panik lantaran kobaran api sangat besar.

"Saya tahunya api sudah membakar bagian atas rumah Nganti. Saat kejadian rumah dalam keadaan sepi karena pemilik rumah sedang menata tembakau yang tak jauh dari rumahnya," kata saksi kejadian, Yanuar, Rabu (25/9/2019).



Warga lalu melaporkan kejadian itu ke instansi pemadam kebakaran. Tak lama lima unit mobil pemadam datang ke lokasi untuk berupaya menjinakkan api. Namun petugas kewalahan karena api sudah membesar dan kesulitan mendapatkan pasokan air karena sebagian sumber terdekat kering akibat kemarau.

"Saat datang ke lokasi, api sudah membesar dan embusan angin kencang menyebabkan api sulit dikendalikan. Rumah yang berdampingan dan berbahan kayu juga memudahkan api merambat dan membakar rumah lainnya," kata Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Kendal, M Arif Masrukhin.

Api baru berhasil dipadamkan selang satu jam kemudian. Namun barang berharga milik korban tidak bisa diselamatkan. Kerugian akibat kebakaran sembilan rumah ini diperkirakan mencapai Rp1 miliar. Korban kebakaran yang berjumlah 10 keluarga dengan 29 jiwa untuk sementara ditampung di rumah tetangga. Polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Sembilan Rumah di Kendal Hangus Terbakar, Kerugian Rp1 Miliar



(amm)

loading...