Ribuan Pencari Kerja Serbu UNS Solo Job Fair

Rabu, 25 September 2019 - 17:19 WIB
Ribuan Pencari Kerja Serbu UNS Solo Job Fair
Para pencari kerja yang memadati stand UNS Solo Job Fair XX di Kampus UNS Solo, Rabu (25/9/2019). FOTO/IST
A A A
SOLO - UNS Solo Job Fair XX yang digelar Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo diserbu ribuan para pencari pencari. Mereka berduyun duyun ke Auditorium GPH Haryo Mataram dan Student Center UNS guna mencari pekerjaan yang diminati.

UNS Solo Job Fair XX diselenggarakan Career Development Center (CDC) UNS selama dua hari, yaitu Rabu (25/9/2019) dan Kamis (26/9/2019). Pada hari pertama, jumlah pengunjung yang mendaftar mencapai 9000 orang, baik lulusan Sarjana, Diploma, maupun SMA dan SMK. “Para pengunjung dapat bertemu dan mendaftar di perusahaan yang diidamkan. Begitu juga dengan perusahaan, semoga mendapatkan SDM yang berkualitas untuk kemajuan perusahaan,” kata Ketua CDC UNS Dr Kusnandar, Rabu (25/9/2019).

Selain jumlah pengunjung yang banyak, Kusnandar menyebut sebenarnya masih banyak perusahaan yang ingin turut serta dalam Job Fair. "Bahkan tadi malam saya masih menerima telepon dari beberapa perusahaan yang ingin ikut serta dalam Job Fair. Tetapi kami baru bisa mengatur tempat untuk 33-34 perusahaan saja,” terangnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS Profesor Kuncoro Diharjo berharap Job Fair dapat memperpendek masa tunggu kerja di Indonesia. Sat ini lulusan perguruan tinggi secara akademik sudah cukup. Tetapi ada 80% kompetensi lainnya yang seringkali belum dikuasai. "Seperti kemampuan bahasa Inggris, komunikasi, dan presentasi itu belum banyak dikuasai. Maka silahkan memutar pikiran untuk meningkatkan 80% kompetensi tersebut," tutur Kuncoro.

Salah satu perusahaan peserta Job Fair, PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka 400 lowongan pekerjaan di UNS Solo Job Fair. Baik bagi lulusan Sarjana, Diploma, maupun SMA dan SMK. Dan kali ini, kali pertama kami membuka lowongan menjadi masinis baik untuk laki-laki atau perempuan. Kami mengutamakan kualitas tentunya. Yaitu pegawai dengan kualitas nasional dan berwawasan global,” kata Wawan Ariyanto, Corporate Deputy Director of Personnel Care, Control, and Development PT KAI.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4203 seconds (0.1#10.140)