Dua Rumah Warga Temanggung Rusak Diterjang Tanah Longsor

Senin, 21 Januari 2019 - 16:00 WIB
Dua Rumah Warga Temanggung Rusak Diterjang Tanah Longsor
Warga Dusun Muncar Lor, Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung kerja bakti membersihkan tanah longsor yang menimpa rumah Kilimin, Senin (21/1/2019). FOTO/IST
A A A
TEMANGGUNG - Tebing setinggi tujuh meter di Dusun Muncar Lor RT 08/RW 02 Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Minggu (20/1/2019) sore longsor. Material tanah longsor menimpa rumah Klimin (43). Akibatnya, rumah tersebut rusak ringan pada bagian samping.

Pada waktu yang sama, tanah longsor juga terjadi di Dusun Muncar Lor RT 07/RW 02 Desa Muncar. Material tanah longsor juga menimpa rumah warga. Akibatnya rumah milik Wardi (75) mengalami rusak ringan. Kerugian yang ditimbulkan akibat tanah longsor di dua lokasi di Dusun Muncar Lor tersebut ditaksir mencapai Rp35 juta.

Plt Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung Gito Walngadi mengatakan, dua tebing tersebut longsor karena tergerus derasnya arus air hujan. Kondisi tanah pada dua tebing tersebut gembur sehingga saat terjadi hujan deras rawan longsor.

"Tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor di Dusun Muncar Lor. Kami sudah melakukan assessment dan penanganan. Tadi personel BPBD bersama masyarakat, anggota TNI dan Polri kerja bakti membersihkan material yang menimpa rumah warga dan yang menutup jalan," katanya, Senin (21/1/2019).

Dia meminta kepada masyarakat yang bermukim di daerah perbukitan dan daerah rawan bencana tanah longsor untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan deras. "Saat terjadi hujan deras jangan berada di sekitar tebing. Cari tempat yang aman untuk menghindari bencana tanah longsor," ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6476 seconds (0.1#10.140)