alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bantu Atasi Kekeringan, ACT DIY Saluran 1 Juta Liter Air Bersih

Suharjono
Bantu Atasi Kekeringan, ACT DIY Saluran 1 Juta Liter Air Bersih
Petugas ACT DIY sedang menyalurkan air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan di wilayah Kabupaten Gunungkidul. FOTO/IST

YOGYAKARTA - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyalurkan 1 juta liter air bersih ke sejumlah wilayah yang dilanda kekeringan.

Kepala Cabang ACT DIY Bagus Suryanto mengatakan, selama ini droping air bersih difokuskan untuk wilayah Gunungkidul. Ini karena Gunungkidul menjadi wilayah terdampak paling parah atas bencana kekeringan. "Setidaknya dari 18 Kecamatan, terdapat 14 kecamatan yang mengalami kekeringan atau sebanyak 134.000 jiwa terdampak kekeringan," katanya kepada wartawan, Selasa (24/9/2019).

Bagus bersyukur karena program penyaluran air bersih bisa diterima masyarakat. Bahkan mereka ikut membantu dalam proses penyaluran. "Berkat ikhtiar kita semua yang tentunya dibantu oleh para relawan MRI, akhirnya pekan ini ACT DIY telah menuntaskan droping air bersih sebanyak 1 juta liter," ungkapnya.



Meski Gunungkidul mendapatkan porsi bantuan terbesar, tapi wilayah lain juga mendapat penyaluran air bersih. Di antaranya Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul serta beberapa kecamatan di Kabupaten Kulonprogo yang juga mengalami kekeringan.

Sementara itu, Ketua Bidang Implementasi Program, Kharis Pradana menambahkan, walaupun penyaluran air bersih sudah mencapai 1 juta liter, ACT DIY akan meneruskan program bantuan hingga musim kemarau berakhir. "Insyaallah program ini akan terus dilanjutkan hingga musim kemarau berakhir, dengan rata-rata 24 tangki per minggu," katanya.

Untuk hari ini (24/9/2019), penyaluran air bersih dilaksanakan di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul, dengan total 16.000 liter atau 4 tangki.

Selain program penyaluran air bersih, pembangunan sumur wakaf turut menjadi prioritas ACT DIY untuk mengentaskan permasalahan kekeringan di sejumlah wilayah di Yogyakarta. "Sudah ada 20 sumur wakaf yang dibangun, dua titik di Kota dan Bantul, dan 18 titik dibangun di Gunungkidul, sumur wakaf ke-20 dibangun di Desa Playen, Kecamatan Playen, Gunungkidul yang pembangunannya selesai pekan ini," katanya.



(amm)

loading...