alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Umrah Kian Mudah, Kini Ada Penerbangan Semarang-Jeddah

Taufik Budi
Umrah Kian Mudah, Kini Ada Penerbangan Semarang-Jeddah
Maskapai Citilink Indonesia melakukan penerbangan perdana dengan rute tujuan Semarang India (transit) Jeddah. FOTO/IST

SEMARANG - Umat Islam yang ingin menunaikan ibadah umrah ke Tanah Suci kini bisa lebih mudah karena terdapat penerbangan Semarang-Jeddah. Maskapai Citilink Indonesia melakukan penerbangan perdana dengan rute tujuan Semarang – India (transit) – Jeddah yang mengangkut 174 penumpang.

Pesawat tipe Airbus A 320 Neo itu berangkat pada Senin (23/9/2019), pukul 07.45 WIB dari Bandara International Jenderal Ahmad Yani Semarang. Penerbangan ini tidak langsung menuju Jeddah, akan tetapi transit terlebih dahulu di India untuk mengisi bahan bakar namun penumpang tidak turun dan tetap berada di dalam pesawat.

Dari total 174 orang penumpang yang berangkat berasal dari lima travel umrah, di antaranya Mas Tour, Permata Umat Tour, Bumi Nata Wisata Tour, Azka Mubarak Tour, dan Buroq Tour. Sambil menunggu proses imigrasi, para penumpang diarahkan terlebih dahulu oleh petugas bandara ke area Concordia Lounge. Kemudian setelah imigrasi dibuka, penumpang diarahkan kembali ke imigrasi dan menunggu di ruang tunggu internasional sampai pesawat boarding pada pukul 07.00 WIB.



“Sebagai salah satu perwujudan dari Visi PT Angkasa Pura I (Persero), yaitu menjadi penghubung dunia yang lebih dari sekedar operator bandar udara dengan keunggulan layanan yang menampilkan keramahtamahan khas Indonesia," kata General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto.

"Guna meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara dan menjadi mitra pemerintah sekaligus penggerak pertumbuhan ekonomi, maka charter flight untuk penerbangan umrah ini merupakan langkah awal Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang untuk menambah rute internasional Semarang - Jeddah yang dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat Jawa Tengah dalam melaksanakan ibadah umrah, sehingga tidak perlu ke Jakarta terlebih dahulu jika ingin berangkat umroh,” ujar dia.

Dengan adanya rute penerbangan umrah langsung Semarang - Jeddah ini, para pengguna jasa dapat menikmati penerbangan dengan mudah dan waktu tempuh yang lebih cepat, efektif, dan efisien. Harapan ke depan, rute penerbangan umrah ini dapat berjalan secara kontinu. Selain itu juga bertambah rute-rute internasional lainnya guna menggali sumber pendapatan dari para wisatawan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah.

"Kami sebagai pengelola bandara akan terus mendukung dan memberikan kualitas pelayanan terbaik untuk kepuasan para pengguna jasa bandara, khususnya di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang," terangnya.

Sekadar diketahui, penerbangan ini merupakan charter flight pada periode 23-29 September 2019 dengan rencana jadwal penerbangan sebagai berikut:
a. Keberangkatan, dengan nomor penerbangan QG 530 pada Senin dan Sabtu pukul 07.45 WIB.
b. Kedatangan, dengan nomor penerbangan QG 531 pada Selasa dan Minggu pukul 10.40 WIB.



(nun)

loading...