Menhub Pastikan Pembangunan NYIA Tepat Waktu, Sudah Mencapai 30%

Senin, 21 Januari 2019 - 13:34 WIB
Menhub Pastikan Pembangunan NYIA Tepat Waktu, Sudah Mencapai 30%
Menhub Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo DIY akan selesai tepat waktu. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Operasional Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo DIY dipastikan sesuai rencana. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan NYIA akan selesai tepat pada waktunya.

Dia mengatakan pembangunan NYIA saat ini terus dikebut. Menhub menyebut pembangunan bandara secara menyeluruh telah mencapai 30%. “Secara menyeluruh itu kurang lebih 30%, tapi kalau untuk yang April (2019) kira-kira sudah 60%,” ujar Budi Karya di Jakarta, Senin (21/1/2019). (Baca juga: Bandara Baru Yogyakarta Dipastikan Beroperasi April 2019)

Terkait akses pendukung bandara, Menhub mengungkapkan telah disiapkan sejumlah skenario, seperti pembangunan infrastruktur kereta api menuju Bandara NYIA yaitu dengan dibangunnya jalur KA baru dari Desa Kedundang ke arah NYIA sejauh kurang lebih 3-5 kilometer.

"Sambil menuggu pembangunan jalur KA baru selesai, akan menggunakan jalur KA eksisting dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Wojo dan akan disiapkan shuttle bus untuk mengangkut penumpang dari Stasiun Wojo ke bandara NYIA," katanya.

Selain kereta bandara, Menhub berencana mengintegrasikan kereta-kereta jarak jauh yang juga akan berhenti di stasiun kereta bandara. Hal ini untuk mengakomodir masyarakat yang akan melakukan ibadah Umroh melalui bandara ini.

“Oleh karenanya kita juga mengkaitkan. Tadi kami berdiskusi dengan teman-teman kereta api bahwa kereta api yang jarak jauh dari Surabaya, Solo, Madiun, Purwokerto bisa berenti di terminal ini. Sehingga kalau orang mau Umroh, bisa diserve dari bandara ini,” jelasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8546 seconds (0.1#10.140)