Pilkades Serentak, Bupati Wihaji Titipkan Warganya Ke Polres Batang

Senin, 23 September 2019 - 19:40 WIB
Pilkades Serentak, Bupati Wihaji Titipkan Warganya Ke Polres Batang
Bupati Batang Wihaji saat menjadi Pembina Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades di halaman Polres Batang, Senin ( 23/9/2019). FOTO/IST
A A A
BATANG - Bupati Batang Wihaji menitipkan warganya kepada Kepolisian Resor (Polres) Batang yang akan melaksanakan pilkades serentak pada 29 September mendatang agar pelaksanaan bisa berjalan kondusif aman beradab dan bermartabat.

"Pilkades adalah hajat kita sebagai masyarakat batang, untuk itu pelaksanaannya diharapkan berlangsung jujur, adil, beradap dan bermartabat. Jumlah desa yang melaksanakan pilkades serentak sebanyak 205 desa dari 239 desa dengan calon kepala desa 565 orang, tentunya ini bukan jumlah yang sedikit. Oleh karena itu berkompetisi pelaksanaan pilkades dengan cara yang sportif jangan menggunakan cara-cara yang tidak baik," kata Bupati Wihaji saat menjadi Pembina Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilkades di Halaman Polres Batang, Senin (23/9/2019).

Bupati Wihaji juga mengapresiasi Polres Batang yang telah ikut mendukung penuh sosialusai gerakan moral pilkades anti money politik, sehingga berhasil 34 desa berkomitmen tanpa politik uangdan membentuk satgas anti-money politics, dan antibotoh yang disebar di desa-desa.

"Saya minta camat terus saling bersinergi dan berkoordinasi dengan jajaran kopolisian di Polsek dan jajaran Koramil, laporkan terus perkembangan tahapan demi tahapannya. Petakan desa yang memiliki potensi konflik, sehingga permasalahan bisa kita cegah dari awal dengan pendekatan dan langkah-langkah persuasif sehingga pilkades bisa berjalan aman, tertib, kondusif, beradab, dan bermartabat," kata Bupati Wihaji.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga menjelaskan perkembangan situasi kamtibmas di Kabupaten Batang sampai saat ini masih dalam keadaan aman, damai, dan kondusif. "Pengamanan pilkades serentak Polres Batang menerjunkan sebanyak 1.300 personel yakni dari Polres Batang 420 personel, Brimob 100 personel, Dalmas Polda Jateng 200 personel, Polres Kendal 90 personel, Polres Pekalongan 90 personel, Polres Pekalongan Kota 90 personel, Polres Pemalang 90 personel Polres Tegal Kota 90 personel, Polres Brebes 70 personel, dan Polres Tegal 60 personel," kata Kapolres.

Polres Batang dalam pengamanan pilkades juga di-backup TNI Kodim 0736 Batang, Dispermades, Kesbangpol, Linmas, Satpol PP, Kesehatan, Pemadam Kebakaran, dan Tokoh masyarakat. "Saya mengimbau kepada para calon untuk menjaga situasi damai di desanya masing-masing. Selama pelaksanaan pilkades untuk tidak melakukan pelanggaran hukum, khususnya hukum pidana intimidasi, ancaman, penganiayaan, pengrusakan, perkelahian," katanya.

Kapolres juga berpesan kepada petugas keamanan untuk menjalin kerja sama, komunikasi, koordinasi yang baik dengan jajaran panitia, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda di desa yang melasanakan pilkades. Para petugas harus mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada, menghindari tindakan yang melanggar aturan selama pengamanan pelaksanaan pilkades, serta melakukan tugas dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat, dan laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

"Calon yang menang, syukuri kemenangannya dengan tidak melaksanakan kegiatan yang berlebihan. Jangan ada pesta minuman keras, arak-arakan pawai menggunakan kendaraan bermotor, mengejek calon yang kalah yang bisa memicu situasi tidak kondusif didesanya," kata Kapolres AKBP Edi Suranta Sinulingga.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2210 seconds (0.1#10.140)