Waduh, Dua Titik Api Masih Berkobar di Jalur Walitis Gunung Sumbing

Senin, 23 September 2019 - 19:32 WIB
Waduh, Dua Titik Api Masih Berkobar di Jalur Walitis Gunung Sumbing
Dua titik api terpantau di jalur pendakian Walitis kawasan Gunung Sumbing. FOTO/IST
A A A
TEMANGGUNG - Kebakaran hutan di Gunung Sumbing belum pdam. Terpantau dua titik api di jalur pendakian Walitis kawasan Gunung Sumbing. Ratusan petugas gabungan dikerahkan ke lokasi kejadian untuk menjinakkan api.

"Kita sampaikan untuk api yang di jalur Banaran pos 2, itu sudah padam. Namun demikian yang di jalur Walitis masih ada dua titik yang belum padam," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Gito Walngadi, Senin (23/9/2019).

Dia menjelaskan, petugas gabungan kesulitas menjangkau sumber api untuk melalukan pemadaman, karena lokasinya terjal dan curam. Akibatnya, petugas hanya dapat melakukan penyekatan agar tak kian merambat.

"Tidak bisa dijangkau oleh rekan-rekan. Kenapa tidak bisa dijangkau karena tempatnya terlalu curam dan terjal sehingga sulit dijangkau menuju hotspot atau tidak api," lugas dia.

Hingga kini petugas gabungan yang terdiri TNI, Polri, BPBD, Perhutani, SAR, PMI, Relawan Bumi Pala, dan warga sekitar hanya mengandalkan alat-alat sederhana untuk menjinakkan api. Mereka memanfaatkan sabit, parang, ranting pohon, dengan proses pemadaman secara manual.

"Jadi dua titik api yang terpantau itu kecil dan besar, sementara untuk luasan yang terbakar berapa belum bisa kita ketahui. Tapi untuk lahan di petak 23-3 untuk luasan baku sekira 3 hektare, kemudian yang 27-7 luas baku 2,5 hektare," pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1254 seconds (0.1#10.140)