alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Api Hanguskan 5,5 Hektare Hutan Lindung di Gunung Sumbing

Taufik Budi
Api Hanguskan 5,5 Hektare Hutan Lindung di Gunung Sumbing
Api yang membakar hutan dan lahan di kawasan Gunung Sumbing belum bisa dijinakkan. FOTO/IST

TEMANGGUNG - Api yang membakar hutan dan lahan di kawasan Gunung Sumbing terpantau belum bisa dijinakkan. Kobaran api juga telah melahap kawaan hutan lindung hingga sekira 5,5 hektare.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Temanggung, Gito Walngadi, mengatakan kebakaran awalnya melanda titik petak 27-7 seluas 2,5 hektare yang masuk wilayah RPH Kemloko Desa Kemloko, Temanggung. Saat itu, api membakar ilalang dan semak belukar yang memenuhi lokasi tersebut.

Amukan api semakin tak terkendali karena tiupan angin kencanh dan banyaknya material yang mudah terbakar. Kebakaran kemudian meluas dan masuk ke kawasan hutan lindung. Titik kebakaran kedua muncul di petak 23-3 dengan luasan 3 hektare yang terbakar.



"Lahan yang terbakar ada sekira 5,5 hektare yang masuk hutan lindung. Hari Minggu, kita berkoordinasi dengan Perhutani dan unsur lainnya karena melihat ada lagi kebakaran di lokasi tersebut," jelas dia.

Sejumlah tanaman rimba hangus terbakar dalam peristiwa tersebut. Sejumlah petugas gabungan dikerahkan untuk memadamkan api yang mulai merambat ke pos pendakian 2 Gunung Sumbing. Petugas gabungan di antaranya regu Basecamp Banaran, Perhutani, SAR, TNI/Polri, PMI, Relawan Bumi Pala, serta warga setempat.

"Ini merupakan kebakaran kedua kalinya yang terjadi di Sumbing selama kemarau panjang tahun ini. Untuk penyebab terjadinya kebakaran hutan lindung belum diketahui," tandasnya.



(nun)

loading...