alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

6 Kepala Daerah Diminta Turun Tangan Atasi Kebakaran Gunung Slamet

Taufik Budi
6 Kepala Daerah Diminta Turun Tangan Atasi Kebakaran Gunung Slamet
6 Kepala Daerah Diminta Turun Tangan Atasi Kebakaran Gunung Slamet. Ilustrasi/Dok.

SEMARANG - Enam kepala daerah turun tangan untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Slamet Jawa Tengah. Mereka bekerjasama untuk menjinakkan amukan si jago merah yang semakin meluas.

"Kita dorong bupati di lingkungan Gunung Slamet jadi ada Banyumas, Tegal, Brebes, Pekalongan, dan Purbalingga, kita minta untuk bersatu menyelesaikan persoalan itu (kebakaran)," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Minggu (22/9/2019).

"Pemprov sudah membantu kemarin, sudah dikirim logistik terus kemudian kita dorong untuk mereka bisa melakukan eksekusi," tambah Ganjar.



Kebakaran di Gunung Slamet lanjut Ganjar memang cukup luas. Api berkobar di Gunung Slamet terpantau pada Selasa 17 September, yang semula hanya membakar di Kabupaten Brebes kini telah merambat hingga ke Kabupaten Banyumas.

"Kemarin coba dipotret dengan drone (gambar dari udara) coverage terlalu gede (terlihat kebakaran yang cukup besar)," lugas dia.

Ganjar pun meminta semua masyarakat yang ada di desa terakhir Gunung Slamet untuk menahan diri. Mereka diminta agar tidak naik ke gunung guna memenuhi kebutuhan seperti mencari rumput dan kegiatan lain yang memiliki risiko kebakaran.

"Saya minta tolong terus disosialisasikan, masyarakat di sekitar gunung harus terus diedukasi. Saya juga minta semua jalur pendakian ditutup dulu," paparnya.



(mif)

loading...