alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dihantam Ombak, Dua Nelayan Nyaris Tenggelam di Pantai Bugel

INews.id
Dihantam Ombak, Dua Nelayan Nyaris Tenggelam di Pantai Bugel
Dua nelayan di Kabupaten Kulonprogo nyaris tenggelam Minggu (22/9/2019). FOTO/DOK iNews.id

KULONPROGO - Gara-gara ombak menghantam perahu yang mereka tumpangi, dua nelayan di Kabupaten Kulonprogo nyaris tenggelam Minggu (22/9/2019).

Beruntung keduanya selamat, setelah berenang. Dua nelayan itu masing-masing Sutardi, warga Cilacap, Jawa Tengah; dan Sigit, Kulonprogo. Kedua nelayan itu bermaksud mencari ikan di laut karena sudah beberapa hari ini tidak bisa melaut akibat gelombang tinggi.

Nahas, saat baru beberapa meter menaiki perahu tiba-tiba muncul ombak besar dan langsung menggulung mereka di Pantai Bugel, Kecamatan Panjatan. Akibatnya, leher mesin tempel dan salah satu katir perahu patah.



“Kecelakaan ini terjadi ketika perahu hendak masuk dan dhantam gelombang,” kata Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulonprogo, Aris Widiyatmoko, Minggu (22/09/2019).

Kejadian itu mengakibatkan perahu rusak di bagian katir atau penyeimbang. Begitu juga dengan leher mesin pendorong. Kedua nelayan berhasil diselamatkan rekan mereka setelah berenang ke tepian.

“Mereka tidak mengalami luka serius. Hanya mengalami shock saja. Sedangkan perahu dan mesin bisa dievakuasi oleh warga,” ujar Aris.

Ombak besar di pantai selatan DIY yang sudah terjadi dalam beberapa pekan membuat nelayan memilih mencari ikan di pinggir dengan memakai jarring eret, seperti dilakukan nelayan di Pantai Congot. Para nelayan berburu ikan bawal, tengiri dan lobster.

“Sudah sepekan tidak malut, padahal terakhir sekali melaut tangkapannya bagus,” kata nelayan Congot, Suroto.



(nun)

loading...