alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kinerja realme 5 Ternyata Lebih dari Harganya

Muhammad Iqbal Marsyaf
Kinerja realme 5 Ternyata Lebih dari Harganya
Handphone realme 5 memberikan kinerja lebih kuat dibanding harganya yang murah. Foto/ist

JAKARTA - Smartphone harga Rp2 jutaan kini semakin marak. Adalah realme 5 yang mencoba untuk meramaikan segmen gemuk ini dan berupaya menjadi pilihan favorit masyarakat.

Sebelumnya SINDOnews sudah mengulas habis versi Pro-nya yang berbeda harga Rp1 jutaan dari “sang adik”.

Realme 5 yang mengusung slogan Quad Camera PowerHero mendobrak stereotip soal smartphone kelas menengah. Lewat teknologi quad camera, handphone menawarkan berbagai macam fitur bermanfaat kepada konsumen yang membutuhkan smartphone dengan fitur lengkap.



Untuk mengenal lebih dalam realme 5, SINDOnews mencoba memberikan review-nya berikut ini:

Desain Handphone
Ponsel realme 5 menggunakan desain potongan berlian yang sudah menjadi ciri khas smartphone realme belakangan ini. Desain potongan berlian dibalut oleh warna holografik yang dicetak oleh laser lima sumbu. Sekadar mengingatkan, realme 5 menyediakan dua warna yakni crystal blue dan crystal purple.

Bagian belakang realme 5 tampak spesial karena terdapat empat kamera yang ditempatkan secara vertikal di bagian kiri. Sementara sensor sidik hari terletak di bagian tengah.

Untuk urusan display, realme 5 menyediakan layar lebar 6,5 inci agar pengguna bisa mendapatkan bidang pandang yang lebih besar. Layarnya masih menggunakan poni dewdrop sebagai dudukan kamera depan dan sensor.

Realme 5 juga secara langsung memberikan kenyamanan pengguna saat digenggam. Lewat bodi 3D, bingkai realme 5 menjadi lebih ramping. Alhasil, telapak tangan akan terasa pas saat ditempelkan dengan realme 5.

Dari segi material, realme 5 menggunakan material polikarbonat yang ringan. Walaupun tidak menggunakan kaca, desain realme 5 tidak terlihat murahan.

Dapur Fotografi
Sesuai slogan Quad Camera PowerHero, realme 5 menggunakan empat kamera. Untuk lensa utamanya, realme 5 menggunakan kamera utama 12 MP. Lensa utama ini memiliki bukaan f/1.8 dan area single-pixel ultra besar 1,25?m.

Lensa kedua adalah ultra-wide angle 8 MP yang dapat menangkap sudut 119 derajat. Kamera ini dapat berguna bagi Anda yang menangkap pemandangan alam atau gedung pencakar langit.

Sensor ketiga adalah lensa makro untuk mengambil objek jarak dekat. Terakhir adalah lensa potrait untuk mencetak foto hitam putih.

Bagaimana dengan hasil kameranya? Walaupun tidak menggunakan sensor Sony, realme 5 tetap menghasilkan foto tajam nan artistik. Hasil foto di luar ruangan tetap kaya akan warna dan detail yang cukup baik berkat kehadiran Chroma Boost.

Yang menjadi catatan adalah hasil foto malam hari yang masih menghasilkan titik-titik noise. Untungnya, hal itu bisa ditanggulangi dengan Nightscape yang membuat hasil foto malam terlihat lebih menyala.

Bagaimana dengan kamera depannya? Kamera depan 13 MP memiliki AI Beauty untuk memaksimalkan estetika wajah pengguna. Kamera depan realme 5 juga dapat membedakan antara pria dan wanita sehingga dapat memberikan pengalaman selfie.

Di mode perekaman, realme 5 dapat menghasilkan video dengan resolusi 720p, 1080p hingga 4K. Ada juga opsi perekaman slo-mo yang berguna untuk konten media sosial.

Kinerja Tak Murahan
Dari sisi jeroan, realme 5 menggunakan chipset terbaru Qualcomm yakni Snapdragon 665 yang dipasangkan GPU Adreno 610. Chipset tersebut diproduksi menggunakan proses produksi 11nm yang menghasilkan konsumsi daya yang lebih hemat. Smartphone hadir dalam tiga varian, yaitu RAM 3 GB/ROM 32 GB, 3/64 GB dan 4/128 GB.

Kami memasang GeekBench dan AnTuTu di realme 5 untuk mengetahui seberapa jauh kinerja dari unit baru tersebut 5. Untuk GeekBench, skor yang dihasilkan 316 dan 1.328. Sementara AnTuTu didapatkan skor 139.213.

Untuk menguji performa saat digunakan bermain game, kami memasang PUBG mobile. Saat gameplay berjalan, realme 5 dapat berjalan lancar dalam pengaturan rendah. Game terasa berjalan lancar tanpa lag.

Di sektor baterai, realme 5 memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh. Sebuah ukuran yang terasa sangat besar untuk smartphone yang dijual di rentang hanya Rp2 jutaan. Sayangnya, realme 5 tidak dilengkapi oleh VOOC Flash Charge 3.0.

Dengan baterai 5.000 mAh, realme 5 dapat digunakan pengguna lebih dari sehari dalam pemakaian normal (media sosial, browsing, dan mendengar musik). Sementara untuk pengisian daya, handset membutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai daya sekitar 90%.

Layak Masuk Keranjang Belanja
Jika disimpulkan, realme 5 dapat menjadi pilihan terbaik bagi konsumen yang menginginkan smartphone empat kamera dengan harga Rp2 jutaan. Apalagi, fitur-fitur berguna yang ditawarkan terbilang sangat banyak.

Fitur-fitur seperti quad camera dapat menjadi nilai plus bagi pengguna yang menyukai fotografi. Baterai 5.000 mAh juga menjadi fitur unggulan yang dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna yang suka bepergian.

Handphone Realme 5 akan tersedia dalam 3 varian. Rinciannya, RAM 3 GB + 32 GB dibanderol Rp2 juta dan harga flash sale menjadi Rp 1,9 juta. Model 3 GB+64 GB dengan harga Rp2,2 juta, serta opsi 4 GB+128 GB dilepas seharga Rp2,7 juta.



(mif)

loading...