Taman Safari Bali Tambah Koleksi Kuda Nil Kerdil Lucu

Sabtu, 21 September 2019 - 21:55 WIB
Taman Safari Bali Tambah Koleksi Kuda Nil Kerdil Lucu
Koleksi satwa di Bali Safari and Marine Park bertambah setelah lahir kuda nil kerdil (pygmy hippo) berjenis kelamin jantan. Foto/Istimewa
A A A
BALI - Koleksi satwa di Bali Safari and Marine Park bertambah setelah lahir kuda nil lucu. Kuda nil kerdil (pygmy hippo) berjenis kelamin jantan ini menjadi daya tarik tersendiri dengan tubuhnya yang mini.

"Kami berencana merayakan momen ini bersama masyarakat dengan mengadakan kompetisi pemberian nama untuk Pygmy Hippo yang baru lahir," kata Asisten Kurator Bali Safari and Marine Park Drh I Kadek Kesuma Atmaja, Sabtu (21/9/2019).

Atmaja menjelaskan, bayi Kuda nil kerdil itu lahir dari pasangan Bono (jantan) dan Fitriani (betina), 31 Juli 2019. Meski usianya kurang dari dua bulan, berat badannya kini mencapai 15 kilogram dari berat lahir 5 kilogram.

Bayi Kuda nil kerdil itu kini berada di bawah perawatan langsung induknya. Tim Bali Safari Park hanya memantau kondisi dan mencatat rutinitas harian mereka seperti menyusui bayi, buang air besar, buang air kecil dan aktivitas biologis lainnya.

Pengelola Taman Safari Bali juga memasang CCTV untuk memantau aktivitas mereka di malam hari. "Ini dilakukan sampai bayi menjadi lebih mandiri dan mulai makan makanan padat," imbuh Atmaja.

Kuda nil kerdil yang dalam bahasa latin disebut Choeropsis liberiensis adalah sepupu yang lebih kecil dari Kuda nil (Hippopotamus) yang berasal dari Afrika Barat. Mereka hanya setengah tinggi dari Hippopotamus dan beratnya kurang dari ΒΌ dari Hippopotamus ukuran penuh.

Tidak seperti banyak hewan liar lainnya, Kuda nil kerdil tidak agresif ketika bertemu, cenderung mengabaikan satu sama lain. Namun, mereka bisa sangat teritorial saat mempertahankan kandang mereka. Untuk menandai jalur, mereka menyebarkan kotoran sambil mengibas-ngibaskan ekor mereka saat buang air besar.

Di alam liar, bayi Kuda nil kerdil tetap bersama induknya sampai disapih, bersembunyi di dekat air ketika sang ibu pergi mencari makan. Penyapihan terjadi antara 6 - 8 bulan, mereka menjadi dewasa sekitar 5 tahun. Mereka hidup bisa antara 30 - 50 tahun.

Kuda nil kerdil digolongkan sebagai hewan herbivora, yang dapat makan hingga 20 - 25 kg per hari dan suka makan rumput, wortel, dan buah-buahan. Habitat alami mereka berada di daerah berhutan, menghabiskan sebagian besar waktu mereka di rawa-rawa dan dekat sungai dan sungai untuk menjaga kulit mereka tetap lembab.

Kuda nil kerdil diklasifikasikan ke dalam daftar merah spesies yang terancam punah. Diperkirakan ada sekitar 2.000 kuda nil mini yang tersisa di alam, dengan jumlah menurun karena habitat mereka dihancurkan dan mereka terus diburu untuk mendapatkan daging hewan buruan.

Ancaman utama yang dihadapi oleh Kuda nil mini adalah hilangnya habitat dan fragmentasi, karena hutan telah digunakan untuk penebangan, pertanian, perkebunan dan membangun permukiman. Mereka juga menghadapi ancaman dari perburuan daging mereka.

Kuda nil mini dilindungi oleh hukum di semua negara tempat mereka berada dan tercantum dalam Lampiran II Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Terancam Punah, yang berarti bahwa perdagangan di bagian mana pun dari hewan ini dibatasi. Sebagian besar Pygmy Hippos hidup di kawasan lindung dan semua negara tempat mereka tinggal telah mengembangkan strategi yang harus membantu melindungi kuda nil.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3077 seconds (0.1#10.140)