Serangan Dua Kilang Minyak: Promosi Senjata Rusia ke Arab Saudi

Sabtu, 21 September 2019 - 11:00 WIB
Serangan Dua Kilang Minyak: Promosi Senjata Rusia ke Arab Saudi
Kondisi kilang minyak Aramco Arab Saudi yang diserang drone dan rudal jelajah pada Sabtu (14/9/2019). Foto/IST
A A A
MOSKOW - Dua kilang minyak Arab Saudi yang diserang akhir pekan lalu adalah bencana bagi Riyadh dan Washington, di mana senjata yang diduga dibuat di Iran sukses menghindari sistem pertahanan rudal Amerika Serikat (AS) yang mahal.

Namun di Moskow, berita tentang serangan itu disambut sebagai kesempatan lain untuk mengolok-olok Amerika Serikat dan sekutunya sambil memuji keutamaan teknologi pertahanan rudal Rusia.

"Kami masih ingat rudal AS yang fantastis yang gagal mencapai target lebih dari setahun yang lalu, sementara sekarang sistem pertahanan udara AS yang brilian tidak dapat mengusir serangan," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova dalam sebuah briefing pada hari Jumat. "Ini semua tautan dalam sebuah rantai," lanjut dia, dikutip Washington Post, Sabtu (21/9/2019).

Presiden Rusia Vladimir Putin—berada di Ankara untuk pertemuan dengan para pemimpin Turki dan Iran pada hari Senin—melangkah lebih jauh dengan menyarankan bahwa Arab Saudi akan diselamatkan dari serangan hari Sabtu jika mereka membeli sistem pertahanan rudal yang dibuat oleh Rusia.

"Kepemimpinan politik Arab Saudi hanya perlu membuat keputusan negara yang bijak," kata Putin sembari merekomendasikan pembelian sistem rudal S-300 seperti yang dibeli oleh Iran dan sistem rudal S-400 seperti yang dibeli oleh Turki.

Persaingan penjualan senjata antara AS dan Rusia telah dimulai sejak Perang Dingin. Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), antara 2014 dan 2018, kedua negara tersebut adalah dua pengekspor senjata terbesar di dunia.

Tetapi selama beberapa tahun terakhir, persaingan itu semakin pahit ketika konflik geopolitik dan teknologi baru membawa senjata AS dan Rusia melakukan kontak erat. Di Timur Tengah, di mana ketegangan dan perang telah menyebabkan lonjakan penjualan senjata, Washington dan Moskow sering bersaing untuk klien yang sama.

Meskipun Amerika Serikat umumnya mengklaim menawarkan keunggulan, beberapa sistem senjata yang diproduksi oleh Rusia menantangnya. Yang paling utama di antara senjata-senjata itu adalah sistem pertahanan rudal S-400, pesaing sistem rudal Patriot buatan AS.

Serangan terhadap fasilitas minyak di distrik Khurais dan Abqaiq, Arab Saudi, pada Sabtu pagi pekan lalu melibatkan rudal jelajah dan drone yang mampu menghindari deteksi dan aktivasi beberapa sistem pertahanan rudal buatan AS yang dioperasikan Arab Saudi.

Khususnya, sistem itu termasuk baterai Patriot dan umumnya dirancang untuk memerangi rudal balistik dan pesawat terbang yang dapat dilihat dari jauh.

Lantaran rudal jelajah dan drone dapat terbang lebih dekat ke tanah, kelengkungan Bumi membuat radar lebih sulit mendeteksi kecuali radar dinaikkan.

Sistem Rusia mampu menggunakan tiang radar seluler untuk mengatasi masalah ini. S-400 juga dirancang untuk beroperasi ke segala arah. Sedangkan sistem Patriot terbatas pada arah apa pun yang diatur. Beberapa analis telah menyatakan bahwa banyak baterai Patriot yang digunakan di dekat fasilitas minyak yang ditargetkan pada hari Sabtu kemungkinan belum terlihat ke arah yang benar untuk mencegah serangan.

"Serangan Saudi ini menunjukkan keharusan absolut dari kemampuan 360 derajat," kata Tom Karako, direktur Proyek Pertahanan Rudal di Pusat Studi Strategis dan Internasional.

Sementara sistem S-400 Rusia dianggap memiliki spesifikasi yang mengesankan di atas kertas, meski banyak analis berhati-hati dalam penilaian mereka terhadapnya. Sistem senjata itu belum sepenuhnya diuji dalam kehidupan nyata, sedangkan sistem Patriot berhasil mencegat rudal selama Perang Teluk dan invasi yang dipimpin AS ke Irak.

Beberapa penelitian juga menunjukkan titik-titik lemah potensial dalam sistem S-400. Kompleks industri militer Rusia dikenal menjaga kerahasiaan tentang potensi kegagalan militer termasuk dalam beberapa bulan terakhir. Belum lama ini, terjadi ledakan rudal misterius dan kecelakaan mematikan di kapal selam nuklir Rusia. Pada tahun lalu, kelompok tentara bayaran rahasia Rusia di Suriah menderita kekalahan memalukan oleh Pasukan AS.

Tetapi Moskow juga menyangkal kemanjuran senjata AS. Seperti yang disampaikan Zakharova pada hari Jumat, Rusia pernah menolak klaim dampak serangan rudal Amerika Serikat, Inggris dan Prancis, dalam agresi singkat di Suriah pada April 2018. Agresi ketiga negara itu dipicu laporan penggunaan senjata kimia oleh pasukan loyalis Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pada saat itu, Rusia mengklaim bahwa pertahanan udara Suriah telah menembak jatuh 71 dari 103 rudal yang ditembakkan ketiga negara. Namun, Pentagon membantah jumlah tersebut.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9557 seconds (0.1#10.140)