Robot Terbang UGM Berjaya di Kompetisi UAV Turki

Jum'at, 20 September 2019 - 21:30 WIB
Robot Terbang UGM Berjaya di Kompetisi UAV Turki
Tim Gamaforce UGM meraih juara 3 Teknofest Fighter Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Competition di Istanbul, Turki, 10-14 September 2019. FOTO/DOK Humas UGM.
A A A
YOGYAKARTA - Robot terbang tim Gadjah Mada Flying Object Research Center (Gamaforce) Universits Gadjah Mada (UGM) yang diberi nama Ashwincarra berhasil meraih juara 3 dalam Teknofest Fighter Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Competition di Istanbul, Turki, 10-14 September 2019.

Ashwincarra merupakan pesawat UAV kategori fixed wing yang telah dikonfigurasi secara detail dan dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence. Sebelum dinyatakan lolos untuk melaju dalam kompetisi di Turki, robot terbang Ashwincarra telah bersaing dalam rangkaian seleksi dengan 280 tim lain dari berbagai negara di dunia.

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa UGM, Suherman menyebut pencapaian tersebut merupakan hasil dari kerja keras tim mahasiswa dan dukungan dosen pembimbing serta fakultas dan universitas. Sehingga tim dapat berlaga dengan maksimal dan menyelesaikan berbagai tantangan yang diberikan bahkan meraih juara yang mengharumkan nama UGM dan Indonesia di kancah dunia.

“Karena itu kami mengapresiasi atas prestasi tim Gamaforce dalam kompetisi UAV di Turki,” kata Suherman dalam rilisnya, Jumat (20/9/2019).

Menurut Suherman, capaian meningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebab tahun lalu UGM tidak masuk dalam 3 besar. Capaian tersebut diharapkan akan menjadi motivasi untuk perbaikan dan peningkatan. Sehingga akan terus mendorong untuk terus berkreasi dan bernovasi dan agar hasilnya lebih baik lagi serta bermanfaat.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7730 seconds (0.1#10.140)