alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Petang Ini Merapi Semburkan Wedus Gembel Sejauh 1,5 Km

Suharjono
Petang Ini Merapi Semburkan Wedus Gembel Sejauh 1,5 Km
Jumat (20/9/2019) petang Gunung Merapi kembali memuntahkan awan panas guguran atau dikenal dengan sebutan wedus gembel. Tampak maket Merapi dilihat dari atas. FOTO/SINDOnews/Ainun Najib

YOGYAKARTA - Gunung Merapi masih terus melakukan aktivitas vulkaniknya. Jumat (20/9/2019) petang, gunung api teraktif di Indonesia ini kembali memuntahkan awan panas guguran atau dikenal dengan sebutan Wedus gembel.

Awan panas guguran terjadi pada pukul 17:48 WIB. Awan panas guguran tercatat di seismogram Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dengan amplitudo maksimal 75 mm dan durasi kurang lebih 150 detik.

"Jarak luncur 1500 meter atau 1,5 km menuju ke arah hulu Kali Gendol," terang Kepala BPPTKG Hanik Humaida kepada SINDOnews, Jumat (20/9/2019).



Dijelaskannya selain awan panas guguran, sepanjang hari ini Merapi juga beberapa kali mengeluarkan lava pijar guguran. Dari CCTV yang dipasang di puncak Merapi, diketahui sampai dengan pukul 18.00 WIB, tiga kali lava pijar guguran yang dimuntahkan. "Jarak luncur lava antara 450 meter hingga 900 meter," katanya.

Kendati demikian, pihaknya masih belum melakukan perubahan status Merapi. Masyarakat dihimbau tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa. "Jarak aman pada radius lebih dari 3 Km dari puncak Merapi," pungkasnya.



(nun)

loading...