alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kemarau Panjang Diperkirakan Masih Berlanjut hingga November 2019

Ahmad Antoni
Kemarau Panjang Diperkirakan Masih Berlanjut hingga November 2019
Kemarau Panjang Diperkirakan Masih Berlanjut hingga November 2019. Ilustrasi

SEMARANG - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwi Korita Karnawati mengatakan, BMKG memperkirakan musim kemarau di sejumlah wilayah Indonesia masih akan terjadi hingga November 2019 atau lebih lama dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Musim kemarau 2015 merupakan paling lama dan tahun ini nomor dua setelah musim kemarau pada 2015. Musim hujan mundur sehingga kemarau menjadi lebih panjang,” kata Dwi Korita di Semarang, Rabu (19/9/2019).

Sementara, Sekda Jateng Sri Puryono menjelaskan, dalam rangka menghadapi bencana diperlukan langkah-langkah atau kiat menuju daerah tangguh dalam menghadapi bencana. Apalagi musim kemarau tahun ini diprakirakan hingga November 2019.



“Beberapa langkah menghadapi bencana antara lain menciptakan organisasi dan koordinasi untuk memahami dan mengurangi risiko bencana,” sebut Sri Puryono.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan anggaran dalam upaya pengurangan risiko bencana dan penguatan kapasitas masyarakat, lembaga pendidikan, kesehatan, dan lainnya, menjaga keterbaruan data bahaya ancaman dan kerentanan dalam bahaya pengkajian risiko bencana.

“Kemudian kita melakukan perlindungan fasilitas membangun regulasi dan perencanaan penggunaan lahan, lakukan perlindungan terhadap lingkungan dan ekosistem, serta memasang peralatan peringatan dini dan penguatan kapasitas manajemen tanggap darurat,” jelasnya.



(mif)

loading...