alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Api di Gunung Merbabu Bakar 3 Km Pipa Sumber Air

Taufik Budi
Api di Gunung Merbabu Bakar 3 Km Pipa Sumber Air
Awan putih pekat terlihat membumbung tinggi di atas kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu, Kamis (12/9/2019). FOTO/IST

SEMARANG - Kebakaran yang melanda hutan dan lahan di kawasan Gunung Merbabu masih belum padam. Bahkan, kobaran api disebutkan telah membakar pipa saluran air yang menuju permukiman warga.

Kepala BPBD Jateng, Sudaryanto, mengatakan, sejumlah warga desa terkena dampak kebakaran hutan. Pipa yang menjadi saluran air dari Tuk (mata air) Sipendok menuju permukiman warga, kini rusak akibat terbakar api.

"Pipa sepanjang tiga kilometer (yang rusak), laporannya," kata Sudaryanto, Kamis (19/9/2019). (Baca juga : Angin Kencang Picu Api Berkobar Lagi di Gunung Merbabu)



Dia juga menyampaikan, kobaran api belum mengancam pemukiman warga karena lokasinya cukup jauh. Namun, pipa yang digunakan untuk saluran air tidak ditanam dalam tanah sehingga tak luput dari amukan si jago merah.

Untuk itu, warga yang terdampak akibat saluran air rusak, bisa bersabar terlebih dahulu sembari turut membantu pemadaman. Sementara proses pemadaman melibatkan berbagai unsur mulai aparat TNI-Polri, BPBD, relawan dan warga sekitar.

Proses pemadaman selama ini hanya dapat menggunakan cara manual dengan alat seadanya seperti ranting, golok, dan kayu. Dalam waktu dekat, akan diupayakan pemadaman melalui udara dengan cara water bombing dengan melibatkan Penerbad.

"Saat ini proposal darurat kebakaran masih dibuat. Nanti tinggal disampaikan ke Pak Gub (Gubernur Jateng Ganjar Pranowo) untuk ditindaklanjuti," tandasnya.



(nun)

loading...