Panglima TNI Ziarah ke Makam Mantan Presiden Soeharto

Kamis, 19 September 2019 - 17:57 WIB
Panglima TNI Ziarah ke Makam Mantan Presiden Soeharto
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat berziarah ke makam Presiden ke-2 RI Jenderal Besar HM Soeharto di Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Kamis (19/9/2019). FOTO/IST
A A A
SOLO - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama para petinggi TNI berziarah ke makam Presiden ke-2 RI Jenderal Besar HM Soeharto di Astana Giribangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Kamis (19/9/2019). Ziarah sebagai rangkaian acara menjelang peringatan HUT ke-74 TNI, 5 Oktober mendatang.

Panglima TNI dan rombongan tiba di Astana Giribangun sekitar pukul 09.00 WIB. Kedatangan disambut Bupati Juliyatmono dan jajaran Forkopimda Karanganyar, serta Pelaksana Harian Astana Giribangun Sukirno. Setelah istirahat sejenak, Panglima memasuki Cungkup Argosari, tempat dimakamkannya HM Soeharto dan Siti Hartinah Soeharto (Ibu Tien). Selanjutnya, dilakukan upacara penghormatan terhadap mendiang mantan Presiden Soeharto, dan mengheningkan cipta.

Usai doa, dilakukan tabur bunga dan pengalungan untaian kembang pada pusara Pak Harto dan Ibu Tien. “Ziarah dan kirim doa rutin dilakukan para petinggi TNI menjelang peringatan HUT TNI. Semoga ke depan, TNI semakin mantap dan sukses,” kata Pelaksana Harian Astana Giribangun Sukirno. Usai ziarah, Panglima TNI dan rombongan meninggalkan Astana Giribangun. Tak ada pernyataan apapun yang disampaikan Panglima kepada para wartawan yang meliput.

Kepala Penerangan Korem 074/Warastratama Surakarta, Mayor Inf Mantang menjelaskan, kunjungan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto merupakan ziarah menjelang peringatan HUT TNI. Sehari sebelumnya, Panglima dan rombongan berziarah ke makam Presiden ke-1 RI Ir Soekarno di Blitar dan makam Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid di Jombang.

Setelah ziarah ke makam Presiden pertama di Blitar, Presiden keempat di Jombang dan Presiden kedua di Astana Giribangun, Panglima berziarah ke makam Panglima Besar Jenderal Sudirman di Yogyakarta. Ziarah ke makam mantan Presiden, merupakan tradisi yang dilakukan Panglima TNI menjelang peringatan HUT TNI.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1959 seconds (0.1#10.140)