alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dampak Kabut Asap, Penerbangan Nam Air Solo-Banjarmasin Ditunda 2 Jam

Ary Wahyu Wibowo
Dampak Kabut Asap, Penerbangan Nam Air Solo-Banjarmasin Ditunda 2 Jam
Dampak Kabut Asap, Penerbangan Nam Air Solo-Banjarmasin Ditunda 2 Jam. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews

SOLO - Kebakaran hutan lahan (karhutla) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan mulai berdampak terhadap penerbangan Bandara Adi Soemarmo Solo, rute Solo–Banjarmasin. Penerbangan dengan Nam Air SOC-BANJARMASIN PK-NYZ mengalami penundaan akibat asap, Kamis (19/9/2019).

Pesawat yang semestinya terbang pada pukul 06.45 WIB, ditunda keberangkatannya karena tebalnya asap yang berpengaruh terhadap jarak pandang. “Jarak pandang di bandara Syamsuddin Noor, visibility kurang dari 1.200 meter,” kata Dedi Suwastono, Shared Services & CSR Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Kamis (19/9/2019).

Setelah mengalami penundaan sekitar dua jam, pada pukul 08.40 pesawat Nam Air diizinkan terbang ke Banjarmasin mengingat jarak pandang mulai normal. “Ada standar dalam penerbangan, visibility kurang dari 1.200 meter maka ditunda,” terangnya. Tercatat ada 20 penumpang yang diberangkat dari Solo menuju Banjarmasin. Selama penundaan berlangsung, para penumpang tetap berada di dalam bandara.



Penerbangan Solo-Banjarmasin di Bandara Adi Soemarmo saat ini baru dilayani oleh Nam Air. Penerbangan berlangsung setiap hari, dan untuk rute Solo-Banjarmasin jadwalnya pagi. Sedangkan untuk rute Banjarmasin–Solo jadwal berangkat sorenya. “Namun pada hari ini, rute Banjarmasin-Solo tidak ada penerbangan karena alasan operasional dan bukan karena kabut asap,” tambahnya.



(mif)

loading...