alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Optimalkan Pemantauan Lalu Lintas, Dishub Salatiga Pasang Dua ATCS Baru

Angga Rosa
Optimalkan Pemantauan Lalu Lintas, Dishub Salatiga Pasang Dua ATCS Baru
Petugas Dishub Kota Salatiga saat memantau arus lalu lintas di simpang tiga Cebongan, Argomulyo dan simpang empat Kecandran, Sidomukti melalui kamera ATCS di ruang kendali di Kantor Pemkot Salatiga. Foto/Angga Rosa

SALATIGA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga memasang perangkat Area Traffic Control System (ATCS) di simpang empat Pasar Rejosari dan simpang empat Pasar Jetis. Pemasangan dua perangkat ATCS baru ini, untuk optimalisasi pemantauan arus lalu lintas di jalur padat.

Kepala Dishub Kota Salatiga Sidqon Efendi mengatakan, perangkat ATCS di dua titik tersebut dioperasionalkan sejak beberapa hari lalu. Dua lokasi tersebut perlu dipasang kamera ATCS karena arus lalu lintasnya cukup padat.

"Ini untuk mengoptimal pemantauan situasi dan kondisi arus lalu lintas di Kota Salatiga. Kendali ATCS di dua lokasi baru tersebut digabungkan dengan kendali ATCS lainnya yang sudah terpasang yakni di CC room (ruang kendali) yang berada di komplek Kantor Pemkot Salatiga," katanya, Kamis (19/9/2019).



Adapun fungsi ATCS adalah untuk meningkatkan aksesbilitas informasi dan data tentang transportasi darat yang mudah, cepat, nyaman, up to date, murah dan bermanfaat.

Sedangkan tujuan pemasangan ATCS yakni untuk efisiensi dan kenyamanan, meningkatkan keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, mengantisipasi dampak lingkungan dan pengintegrasian sistem transportasi.

Menurut dia, pengadaan dua perangkat ATCS itu menelan anggaran APBD Kota Salatiga 2019 sebesar Rp1,2 miliar. Ke depan, Dishub akan memasang sejumlah ATCS dibeberapa titik yang dinilai perlu.

“Hingga saat ini, kami sudah memasang 6 perangkat ATCS. Setidaknya, ada belasan titik yang perlu dipasangi ATCS. Pemasangan ATCS dibeberapa titik tersebut akan dilakukan secara bertahap,” tandasnya.



(mif)

loading...
Berita Terkait