Curhat Mahasiswa Kalimantan: Khawatir Banget Asap Sudah Masuk Rumah

Rabu, 18 September 2019 - 07:30 WIB
Curhat Mahasiswa Kalimantan: Khawatir Banget Asap Sudah Masuk Rumah
Curhat Mahasiswa Kalimantan: Khawatir Banget Asap Sudah Masuk Rumah. Ilustrasi
A A A
SEMARANG - Sejumlah mahasiswa asal Kalimantan dan Sumatera yang sedang menempuh pendidikan di Kota Semarang Jawa Tengah, mengaku khawatir karena kabut asap kian parah di kampung halaman. Mereka khawatir dengan kondisi keluarga yang kesehatannya mulai terganggu akibat asap.

Abdul Wahab, mahasiswa semester 5 Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang yang berasal dari Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, tak tenang akhir-akhir ini. Dirinya gelisah, karena ayah dan ibunya sudah merasakan dampak kebakaran hutan dan lahan.

Dia mengaku khawatir dengan kondisi kesehatan keluarganya karena dampak kebakaran kian parah. Saat menghubungi keluarga, dikabarkan kabut asap sudah masuk hingga rumah-rumah warga. Akibatnya, warga kian susah bernafas.

“Saya selaku warga masyarakat Kotawaringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah merasa khawatir dengan kondisi keluarga saya di sana, karena kabut asap yang sangat pekat dan mengganggu pernafasan,” kata Abdul, Selasa (17/9/2019).

“Komunikasi dengan keluarga di sana, kemarin telefon dan katanya kabut asap sudah masuk rumah jadi khawatir banget dengan kondisi keluarga,” tuturnya cemas.

Dia pun berharap, pemerintah serius melakukan penanganan kebakaran lahan dan hutan. Sebab, bencana kabut asap tak hanya persoalan lingkungan tetapi juga menyangkut hajat hidup banyak orang karena menggangu kesehatan.

“Bagi masyarakat di sana mudah-mudahan pemerintah dapat menanggulangi lebih lanjut, supaya kabut asap tidak terjadi lagi,” harapnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2043 seconds (0.1#10.140)