Malam Ini, Api di Kawasan Wisata Gedong Songo Kembali Membesar

Selasa, 17 September 2019 - 22:18 WIB
Malam Ini, Api di Kawasan Wisata Gedong Songo Kembali Membesar
Api kembali berkobar di hutan kawasan wisata Gedong Songo Kabupaten Semarang. FOTO/iNews.tv/Taufik Budi
A A A
SEMARANG - Api kembali berkobar di hutan kawasan wisata Gedong Songo Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Sejumlah petugas dikerahkan ke lokasi kejadian untuk memadamkan dengan peralatan seadanya.

“Makin membesar (kobaran api). Titik api sudah naik di atas Patung Hanoman, dan kalau enggak dikondisikan habis hutan kita,” kata relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kabupaten Semarang, Mulyo Utomo, Selasa (17/9/2019).(Baca Juga: Hutan Kawasan Cagar Budaya Gedung Songo Terbakar
Dia menjelaskan, beberapa kelompok relawan telah berkoordinasi untuk melakukan pendakian ke titik api. Bukan perkara mudah, karena mereka harus menempuh medan yang cukup terjal dan gelap sehingga harus ekstra hati-hati dalam melangkah.“Untuk relawan dari Sakpala berjumlah 15 orang yang dipimpin Pak Arun. Untuk relawan lainnya kita monitor,” lugasnya.

“Api semakin membesar. Monggo sedulur yang kiranya longgar bisa naik ikut bantu madamkan api. Kalau tidak, habis hutan kita. Posisi (titik api) di atas Patung Hanoman,” ucapnya memberi tahu.

Sebelumnya diberitakan, api yang membakar hutan di kawasan wisata Gedong Songo sempat padam pada sore tadi. Sumber api sudah diketahui warga sejak Senin 16 September. Namun, upaya pemadaman belum bisa dilakukan karena titik api berada di bawah tebing yang sulit dijangkau.

Oleh karenanya, petugas gabungan hanya bisa menunggu di bagian atas tebing untuk mencegah api semakin liar. Ratusan petugas gabungan yang terlibat pemadaman di antaranya polisi, Sakpala, Basecamp Mawar, Ungaran Peduli, BPBD Kabupaten Semarang, TNI, dan Relawan Sumowono. Proses pemadaman hanya bisa dilakukan dengan alat-alat seadanya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0039 seconds (0.1#10.140)