Gudang Penyimpan Bom di Mako Brimob Dulu Tempat Bermain Layangan

Selasa, 17 September 2019 - 18:31 WIB
Gudang Penyimpan Bom di Mako Brimob Dulu Tempat Bermain Layangan
Gudang penyimpanan bahan peledak di Mako Brimob Polda Jateng terbakar. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Warga mengaku tak mengetahui jika lokasi permukimannya berdekatan dengan gudang penyimpan bahan peledak dan bom di kawasan Mako Satbrimob Polda Jateng Srondol Kota Semarang. Bahkan, lokasi tersebut dulunya kerap dijadikan tempat bermain layangan oleh anak-anak.

"Warga itu sebelumnya tidak ada yang tahu kalau di situ tempat penyimpanan (bahan peledak) karena tahunya di situ adalah tempat pembuangan sampah. Malah jadi tempat mainan anak-anak. Di situ tempat main layang-layang,” kata seorang warga RT 6/2 Kelurahan Srondol Wetan, Ismiyati, Selasa (17/9/2019).

Mereka sama sekali tak menyangka jika terdapat banyak benda-benda berbahaya yang disimpan dekat tempat tinggalnya. Meski menimbulkan banyak kerusakan bangunan rumah, namun warga masih mengaku beruntung karena saat terjadi ledakan pada Sabtu 14 September, tidak menelan korban jiwa.

“Itu sebelumnya tanah kosong, jadi warga sama sekali tidak tahu. Kita tahu ya sekarang ini, kejadian ledakan ini baru tahu kalau itu gudang bahan peledak. Kita tahunya itu adalah tempat parkir mobil Gegana,” lugas dia.

Warga lainnya, Purnomo, mengatakan, tempat tinggalnya memang sangat dekat dengan pembatas Mako Brimob Srondol. Menurutnya, dampak ledakan akan terasa semakin besar jika tak terhalang oleh pagar dan mobil yang berada di lokasi kejadian.

“Untungnya ada mobil dan benteng pagar, tapi kalau enggak ya mungkin sini kehantam ledakan, bisa hancur semua. Sebelah sana (lokasi seberang) yang lebih parah, kalau di sini memang atap yang beterbangan dan rusak parah,” tutur Purnomo.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8383 seconds (0.1#10.140)