alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Polisi Ogah Bocorkan Besar Dana Perbaikan Rumah Terdampak Ledakan

Taufik Budi
Polisi Ogah Bocorkan Besar Dana Perbaikan Rumah Terdampak Ledakan
Karo Logistik Polda Jateng Kombes Pol M Zari memberikan bantuan sembako kepada warga. FOTO/iNews.Tv/Taufik Budi

SEMARANG - Polisi enggan membeberkan besar anggaran untuk biaya perbaikan rumah-rumah warga yang terdampak ledakan di Mako Satbrimob Polda Jateng Srondol Kota Semarang. Terdapat 44 rumah warga yang rusak karena ledakan di gudang penyimpan bahan peledak pada Sabtu 14 September.

“Enggak, enggak nyampe seperti itu (miliaran rupiah),” kata Karo Logistik Polda Jateng Kombes Pol M Zari, di sela pemberian bantuan sembako kepada warga RT 5 dan 6 RW 2 Kelurahan Srondol Wetan, Senin (16/9/2019).

Dia mengatakan, polisi akan melakukan perbaikan seluruh kerusakan rumah warga yang terdampak ledakan. Kebanyakan jenis perbaikan dilakukan pada atap, plafon, maupun mengganti kaca-kaca jendela yang pecah berantakan.



“Untuk yang diganti berdasarkan data kerusakan itu atap, genteng dan asbes, kemudian plafon dari asbes ada yang eternit, lalu kaca-kaca jendela di situ ada yang terdampak. Ini dilaporkan sudah 26 rumah yang diperbaiki,” tambahnya.

Meski demikian, pihaknya belum memastikan akan mengganti barang-barang elektronik warga yang rusak. Sebab, hingga kini belum menerima data tentang kerusakan perabot maupun barang elektronik milik warga. “Untuk barang elektronik sementara belum mendapat datanya,” singkat dia.

Warga pun berharap, perbaikan rumah segera rampung agar bisa ditempati kembali. Sejak kejadian ledakan, sebagian warga terpaksa mengungsi ke tempat yang aman. Selain khawatir terjadi ledakan susulan, atap rumah juga masih bolong sehingga belum bisa ditempati.

“Terima kasih kepada Polda karena dari kemarin sampai hari ini sudah menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi warga. Aparat sudah bergerak cepat mendata segala macam kerusakan serta memberikan jalan, akhirnya genteng-genteng yang rusak bisa diperbaiki,” ujar Jacobus, yang rumahnya berada paling dekat dengan gudang penyimpan bahan peledak.



(nun)