alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UNY Sosialisasikan PMB 2020 Bagi Kepala Sekolah SLTA se DIY

Priyo Setyawan
UNY Sosialisasikan PMB 2020 Bagi Kepala Sekolah SLTA se DIY
Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Margono (kiri) dan Kepala Sekolah SMAN 1 Banguntapan Bantul Tri Giharto menandatangi kerjasama informasi pendidikan UNY, di auditorium UNY, Senin (16/9/2019) FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengadakan sosialiasi penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2020 bagi kepala sekolah SMA/MA/SMK se DIY di auditorium UNY, Jalan Colombo, Karangmalang, Caturtunggal, Depok, Sleman, Senin (16/9/2019).

Wakil Rektor Bidang Akademik UNY, Margana mengatakan sosialiasi ini penting terutama untuk memberikan gambaran tentang pendidikan di UNY sekaligus untuk merapatkan barisan antara UNY dengan sekolah mitra dalam PMB. Baik yang menyangkut dengan kompentensi maupun potensi bisa diterima di UNY.

“Tahun 2019 UNY jumlah mahasiswa baru dari DIY mencapai 3.094 atau 39.1% dari total mahasiswa baru UNY,” kata Margono.



Oleh karena itu Margana berharap agar para kepala sekolah untuk menyampaikan sosialisasi lebih awal pada siswa. Tahun lalu ada 350 sekolah yang backlink dengan UNY sehingga semua informasi yang ada dapat diakses oleh siswa.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanto Baskara Aji mengapresiasi kerjasama ini karena banyak siswa di DIY yang berharap dapat studi di UNY. Terutama siswa SMK. Sebab untuk lulusa SMK baru 12% yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi, sisanya 68% bekerja dan lainnya dalam masa tunggu.

“Siswa dalam masa tunggu ini tetap kami himbau untuk kuliah. Karena tanpa meningkatkan kompetensi baik S1 maupun D4 siswa tidak akan bisa meniti karir dengan baik sesuai potensinya,” harapnya.

Selain mendapatkan penjelasan tentang pendidikan di UNY, para kepala sekolah itu juga menandatangani perjanjian kerjasama dengan UNY soal penyebaran informasi penerimaan mahasiswa baru sekaligus peningkatan kualitas dan kuantitas input mahasiswa baru yang berkaitan dengan bidang pendidikan.

Secara simbolis, penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Margono dan Kepala Sekolah SMAN 1 Banguntapan Bantul, Tri Giharto disaksikan Rektor UNY Sutrisno Wibowo dan Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanto Baskara Aji.



(nun)

loading...