alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

D3 Tidak Bisa Lanjut ke S1, Program D4 UNY Fleksibel

Priyo Setyawan
D3 Tidak Bisa Lanjut ke S1, Program D4 UNY Fleksibel
Rektor UNY Sutrisno Wibowo memberikan penjelasan pendidikan di UNY saat sosialiasi PMB 2020 di audiorium UNY, Senin (16/9/2019). FOTO/IST

YOGYAKARTA - Lulusan program Diploma 1, II dan III (D1, D2 dan 3) sudah tidak bisa lagi melanjutkan ke jenjang strata 1 (S1). Ini lantaran, sudah ada pembagian jenjang pendidikan, yaitu jalur vokasi dan akademik. Sehingga bagi lulusa D1, D2 dan D3 hanya bisa melanjutkan pendidikan di jalur vokasi, yaitu program diploma IV (D4) yang merupakan sarjana terapan.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisno Wibowo mengatakan, sebagai tindaklanjut atas perubahan tersebut, maka UNY sudah tidak lagi membuka program D3 dan mengantinya dengan membuka program D4 yang sifatnya multi entry dan multi exit, dimana peserta boleh masuk tahun berapapun asal memenuhi syarat dan bisa keluar pada tahun pertama, kedua, ketiga atau keempat.

“Ini adalah program fleksibel yang dicanangkan pemerintah,” kata Sutrisna Wibawa saat sosialisasi penerimaan mahasiswa baru UNY, di Auditorium UNY, Senin (16/9/2019).



Menurut Sutrisno dengan program yang fleksibel itu siswa bisa keluar kapanpun dan juga boleh masuk lagi kapan, oleh karena itu kurikulum juga dibuat fleksibel dan bagi lulusannya disebut sarjana terapan dan bisa melanjutkan ke S2 dan S3 terapan.

“Untuk jalur vokasi mulai tahun 2019 diselenggarakan di Kampus Wates, Kulonprogo dan pada tahun depan juga di Gunungkidul. Prodinya akan disesuaikan dengan daerah tersebut dan bidang yang dibutuhkan masyarakat,” paparnya.



(nun)

loading...