Duta Kesehatan Wajib Sampaikan Informasi Kesehatan di Masyarakat

Sabtu, 14 September 2019 - 18:30 WIB
Duta Kesehatan Wajib Sampaikan Informasi Kesehatan di Masyarakat
Bupati Sleman memakaikan selempang kepada pemenang Duta Kesehatan di Sleman, Sabtu (14/9/2019). FOTO/IST
A A A
SLEMAN - Pemkab Sleman menggelar grand final pemilihan duta kesehatan Sleman 2019, Sabtu (14/9/2019). 10 finalis (5 putra dan putri) mengikuti acara ini. Mereka lolos ke babak final setelah melalui tahapan seleksi.

Duta Kesehetan Sleman sendiri diawali dengan tahap pendaftaran 19-30 Agustus 2019. Tercatat ada 200 peserta yang mendaftar. Dari jumlah itu, terseleksi 40 pendafaran (14 putra dan 26 putri) untuk mengikuti tahap selanjutnya. Setelah melalui seleksi, terpilih lima putra dan putri ke babak grand final.

Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam sambutannta mengatakan remaja mempunyai peran yang sangat penting dalam mempromosikan program-program pemerintah, tidak terkecuali pada bidang kesehatan. Terlebih di teknologi informasi seperti saat ini, remaja dianggap lebih mampu menyampaikan informasi kepada orangorang seusianya sesama generasi milenial dibandingkan gurunya bahkan orang tuanya sekalipun.

“Maka diharapkan Duta Kesehatan ini nantinya dapat menyampaikan informasi terkait kesehatan di lingkungannya masing-masing,” kata Sri Purnomo.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo menambahkan kegiatan ini merupakan wadah bagi remaja untuk mengaktualisasikan bakatnya di bidang kesehatan. Adapun isu yang diangkat pada pemilihan Duta Kesehatan meliputi penurunan angka kematian ibu dan bayi baru lahir, penanggulangan stanting, imunisasi, tuberkolosis dan penyakit tidak menular.

“Setelah kegiatan ini, para duta terpilih akan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan di bidang kesehatan baik di tingkat kabupaten maupun berbagai tingkat lainnya,” terang Joko.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2448 seconds (0.1#10.140)