Rumah Sakit Mata Terbesar di Jateng Siap Layani Warga Pantura

Minggu, 20 Januari 2019 - 12:57 WIB
Rumah Sakit Mata Terbesar di Jateng Siap Layani Warga Pantura
Groundbreaking Rumah Sakit Mata, JEC Candi Semarang, di kawasan Jalan Pamularsih 112, Semarang, Sabtu (19/1/2019). FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - Rumah sakit khusus mata, JEC Candi akan berdiri di Kota Semarang. Pembangunan rumah sakit ini ditargetkan selesai 2019 dan mulai beroperasi pada 2020 mendatang.

Kehadiran RS Mata JEC Candi Semarang ini diharapkan mampu menjadi one-stop-solution bagi masyarakat di Jawa Tengah dan sekitarnya, dalam mendapatkan Iayanan kesehatan mata menyeluruh, mulai dari tahap pemeriksaan, operasi hingga pemulihan.

Direktur Pengembangan dan Pendidikan JEC, Tjahjono D Gondhowiardjo mengungkapkan, banyak masyarakat di wilayah Pantura Jateng dan sekitarnya lebih memilih berobat ke Jakarta, bahkan Singapura.

"Oleh sebab itu, RS JEC Candi Semarang ingin hadir mendekat ke masyarakat Jateng untuk menghadirkan layanan kesehatan mata yang komprehensif dengan dukungan teknologi terkini serta menjadi upaya JEC membantu menurunkan angka kebutaan di Indonesia," katanya saat groundbreaking RS Mata JEC Candi di kawasan Jalan Pamularsih 112, Semarang, Sabtu (19/1/2019).

Tjahjono menyebutkan, angka kebutaan di Indonesia cukup tinggi di wilayah Asia. Sebanyak 3% usia di atas 50 tahun mengalami kebutaan. Di Jawa Tengah, angka kebutaan di usia 50 tahun ke atas juga masih tinggi, yakni 2,5%.

"Kami berharap RS Mata JEC Candi ini dapat membantu masyarakat agar lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan organ mata dan dapat mendorong mereka melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara berkala, sehingga dapat menurunkan risiko gangguan penglihatan dan kebutaan sejak dini," katanya.

Direktur PT JEC Candi Sejahtera Fifin Luthfia Rahmi memaparkan, RS JEC Candi Semarang dibangun di atas lahan seluas 3.000 meter persegi dengan total luas bangunan 7.000 meter persegi dan dibangun setinggi 7 lantai termasuk basement. Rumah sakit ini bisa menampung sekitar 100.000 pasien di tahun pertama dan bisa meningkat 50% di tahun berikutnya.

Sementara, Direktur Marketing RS Mata JEC Candi Semarang Trilaksana Nugroho menerangkan, dengan standar yang setara cabang-cabang JEC lainnya, RS Mata JEC Candi Semarang menawarkan sejumlah layanan mulai dari Cataract & Refractive Surgery Service (LASIK, ReLEx SMILE & Transplantasi Kornea).

"Selain itu, Retina Service, Glaucoma Service, Contact Lens Service, Oculoplasty Service, Paediatric & Strabismus, Neuro-oftalmologi, Low Vision Care, Dry Eye Service dan Eye Check, hingga Diabetic Service, termasuk ruangan rawat inap yang eksklusif dan memadai," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.4440 seconds (0.1#10.140)