Ganjar Gandeng Khofifah Atasi Pencemaran Bengawan Solo

Sabtu, 14 September 2019 - 08:00 WIB
Ganjar Gandeng Khofifah Atasi Pencemaran Bengawan Solo
Ganjar Gandeng Khofifah Atasi Pencemaran Bengawan Solo. Ilustrasi/Dok. SINDOnews
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indarparawansa terkait pencemaran di sungai Bengawan Solo. Sementara diduga pencemaran akibat "pipa siluman".

Ganjar mengatakan bertemu dengan Khofifah saat takziah Presiden ketiga RI, BJ Habibie. Ia membahas pencemaran itu ketika bertemu. Karena pada lima tahun silam, kata Ganjar, saat pertama kali Khofifah mencalonkan diri sebagai Gubernur Jatim, dia mengajak dirinya untuk bersama-sama menangani persoalan di Bengawan Solo.

"Tidak hanya Blora, tadi malam saya rapat persiapan kongres sampah juga bahas itu," kata Ganjar di kantornya, Jalan Pahlawan Semarang, Jumat (13/9/2019).

Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah kata Ganjar masih bekerja terkait pencemaran di Bengawan Solo. Dan sementara diketahui ada beberapa "pipa siluman" yang mengeluarkan limbah dari pabrik. Pipa itu tembus di dasar sungai.

"Kemarin ada pipa siluman, masuknya ke bawah. Kita tidak pernah tahu, ternyata di bawah. Kita akan edukasi agar pabrik-pabrik membuat IPAL," jelasnya.

Untuk letak tepatnya pipa-pipa siluman itu Ganjar mengatakan belum mengetahui persis letaknya. Namun ia meyakini tidak hanya satu titik.

"Belum tahu (lokasi tepatnya). Ada di beberapa tempat. Kalau nemu air ireng (hitam), abang (merah), tiba-tiba biru itu benar-benar tercemar," tegasnya.

Untuk diketahui, aliran Sungai Bengawan Solo yang melintasi wilayah Kecamatan Cepu, Blora, tercemar parah. Kondisi air berwarna hitam pekat, berbusa, bahkan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1956 seconds (0.1#10.140)