alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Alasan Kenapa Minum Kopi Sebaiknya Tanpa Gula dan Krim

Tedy Ahmad
Ini Alasan Kenapa Minum Kopi Sebaiknya Tanpa Gula dan Krim
Menikmati kopi hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Akan tetapi hal itu jika Anda mengkonsumsinya tanpa gula dan krim. FOTO/IST

JAKARTA - Minum kopi saat ini tengah populer di hampir semua kalangan. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya membuat kopi sebagai salah satu minuman terbaik.

Kopi mengandung kafein, stimulan alami yang dikenal memberi banyak energi dan membantu tetap terjaga saat merasa lelah. Tak hanya itu, masih banyak lagi manfaat kopi untuk tubuh. Tapi itu hanya untuk kopi hitam, yakni kopi biasa tanpa gula, krim dan susu.

Kopi hitam meningkatkan rasa sebenarnya dari biji kopi yang dihancurkan. Kopi hitam secara tradisional dibuat dalam pot, tetapi penikmat kopi modern menggunakan metode pour-over untuk membuat kopi hitam.



Menambahkan gula ke kopi dinilai berbahaya bagi tubuh karena dikaitkan dengan kondisi, seperti diabetes dan obesitas.

Anda pun bisa mengetahui nilai gizi pada kopi. Untuk 100 gram biji kopi mengandung energi 520 kkal (kalori). Ini juga mengandung 8,00 gram protein, 26,00 gram total lipid (lemak), 62,00 gram karbohidrat, 6,0 gram total serat makanan, 52,00 gram gula, 160 miligram kalsium, 5,40 miligram besi, 150 miligram natrium, dan 200 IU vitamin A.

Ini Alasan Kenapa Minum Kopi Sebaiknya Tanpa Gula dan Krim

Sementara, seperti dilansir Boldsky, kopi hitam memiliki banyak manfaat, apa saja? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan kesehatan jantung
Minum kopi tanpa menambahkan gula dapat mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan peradangan sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko stroke sebesar 20 persen. Namun, kopi dapat menyebabkan sedikit peningkatan tekanan darah yang tidak menyebabkan masalah.

2. Menurunkan berat badan
Mengkonsumsi kopi tanpa gula dapat membantu membakar lemak dengan meningkatkan metabolisme tubuh. Kafein telah terbukti membantu dalam proses pembakaran lemak dan telah terbukti meningkatkan laju metabolisme sebesar 3 hingga 11 persen. Sebuah studi menunjukkan efektivitas kafein dalam proses pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus.

Ini Alasan Kenapa Minum Kopi Sebaiknya Tanpa Gula dan Krim

3. Meningkatkan memori
Manfaat lain dari minum kopi tanpa pemanis adalah membantu meningkatkan fungsi memori dengan membantu otak tetap aktif. Ini mengaktifkan saraf otak dan mengurangi kemungkinan penyakit Alzheimer dan demensia. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan penyakit Alzheimer hingga 65 persen.

4. Mengurangi risiko diabetes
Minum kopi dengan gula meningkatkan risiko diabetes Anda, terutama diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa orang yang minum kopi hitam tanpa gula memiliki risiko 23 hingga 50 persen lebih rendah terkena penyakit ini. Penderita diabetes juga harus menghindari kopi yang sarat gula karena mereka tidak dapat mengeluarkan cukup insulin, dan minum kopi dengan gula menyebabkan gula menumpuk di dalam darah.

5. Menurunkan risiko penyakit Parkinson
Menurut profesor Achmad Subagio dari Lembaga Penelitian Universitas Jember, minum kopi hitam dua kali sehari mencegah risiko penyakit Parkinson karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh. Penyakit Parkinson mempengaruhi sel-sel saraf otak yang menghasilkan dopamin, suatu neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal antara sel-sel saraf otak. Jadi, minum kopi tanpa pemanis dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson hingga 32 hingga 60 persen.

6. Melawan depresi
Wanita yang minum lebih dari 4 cangkir kopi per hari, memiliki risiko 20 persen lebih rendah mengalami depresi. Alasannya karena kafein, stimulan alami yang merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kadar dopamin. Peningkatan kadar dopamin menghilangkan gejala depresi dan kecemasan. Dan karena ini orang cenderung bunuh diri.

Ini Alasan Kenapa Minum Kopi Sebaiknya Tanpa Gula dan Krim

7. Menghilangkan racun dari hati
Kopi hitam juga dikenal membersihkan hati dengan menghilangkan racun dan bakteri dari tubuh melalui urin. Penumpukan racun di hati dapat menyebabkan kerusakan hati. Kopi hitam juga bisa mencegah sirosis hati dan menurunkan risiko hingga 80 persen. Selain itu, kafein bersifat diuretik yang membuat Anda ingin sering buang air kecil.

8. Kaya akan antioksidan
Kopi tinggi antioksidan dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran. Sumber utama antioksidan berasal dari biji kopi. Para ilmuwan mengatakan ada sekitar 1.000 antioksidan dalam biji kopi yang tidak diproses dan selama proses pemanggangan, ratusan lainnya berkembang.

Ini Alasan Kenapa Minum Kopi Sebaiknya Tanpa Gula dan Krim

9. Bikin pintar
Kafein adalah stimulan alami yang bekerja di otak Anda dengan memblokir efek adenosin, neurotransmitter penghambat. Ini meningkatkan penembakan neuron di otak dan melepaskan neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin yang meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, meningkatkan kewaspadaan dan waktu reaksi serta fungsi otak secara umum.

10. Menurunkan risiko kanker
Kopi hitam dapat mencegah risiko kanker hati dan usus besar. Minum kopi hitam dapat mengurangi risiko kanker hati hingga 40 persen. Studi lain menemukan bahwa orang yang minum 4-5 cangkir kopi per hari memiliki pengurangan risiko kanker usus sebesar 15 persen. Konsumsi kopi juga dikenal dapat mengurangi risiko kanker kulit.



(AMM)

loading...